JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

8.000 Lebih Penumpang Padati Bandara YIA Saat Libur Panjang Kemarin

Penumpang antre di bandra YIA / ilustrasi / tribunnews
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

Penumpang antre di bandra YIA / ilustrasi / tribunnews

KULONPROGO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Liburan panjang dan cuti bersama akhir Oktober 2020 kemarin, berhasil mencatatkan kunjungan ke bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) tertinggi semenjak bandara terssbut beroperasi.

Airport Duty Manager Bandara YIA, Budi Wiyono mengatakan, setidaknya pada arus mudik ini secara total keseluruhan tercatat sebanyak 8.102 penumpang.

Dengan rincian untuk keberangkatan sebanyak 5346 penumpang dan untuk kedatangan sebanyak 2756 penumpang.

“Jumlah ini memecahkan rekor selama Bandara YIA beroperasi,” katanya Minggu (1/11/2020).

Lonjakan penumpang pada puncak arus balik ini juga membuat trafik penerbangan di YIA bertambah.

Jika biasanya bandara melayani 40 pergerakan pesawat sedangkan pada hari ini menjadi 80 pergerakan pesawat.

Baca Juga :  Jejak Hewan Liar Ditemukan di Jalur Evakuasi Gunung Merapi, Warga Sempat Mengira Macan Tutul. Ini Penjelasan TNGM

Sementara pada libur panjang ini rute penerbangan terbanyak di YIA masih didominasi rute dari dan menuju Jakarta (CGK). “Selanjutnya disusul dari Balikpapan, Banjarmasin dan Denpasar,” imbuhnya.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah lonjakan penumpang di Bandara YIA, manajemen PT Angkasa Pura I (AP 1) terus menerapkan protokol kesehatan di seluruh area bandara secara ketat.

Seluruh personel dan mitra usaha yang bertugas di area bandara diwajibkan menggunakan alat pelindung diri (APD) mulai dari masker, face shield hingga menyediakan handsanitizer yang tersebar di beberapa titik di area terminal.

Baca Juga :  Hadapi Cuti Bersama Akhir Desember 2020, Gubernur DIY Minta Perketat Pengawasan Hotel

Serta penerapan jaga jarak fisik di seluruh area mitra usaha atau kursi antrian pengecekan dokumen penumpang baik di area keberangkatan maupun kedatangan untuk memastikan jarak antar penumpang aman.

Selain itu, AP 1 juga mengimbau kepada seluruh penumpang untuk tiba 3 jam lebih awal di bandara untuk melakukan cek in online dengan mengunduh dan menggunakan aplikasi e-Hac serta aplikasi peduli lindungi untuk mempercepat proses pemeriksaan dokumen kesehatan.

“Dengan melaksanakan seluruh protokol kesehatan diharapkan bisa menekan penyebaran Covid-19 di area bandara YIA,” pungkasnya.

www.tribunnews.com