JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pesawat yang Ditumpanginya Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Rizieq Shihab Akhirnya Tiba di Indonesia

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab saat berada di dalam pesawat setelah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/11/2020). Foto: YouTube/ Front TV
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

TANGERANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akhirnya pulang ke Indonesia. Pesawat Saudia Airlines dengan nomor penerbangan SV816 yang ditumpanginya telah mendarat dengan selamat di Bandara Soekarno-Hatta, pada Selasa (10/11/2020), sekitar pukul 8.30 WIB.

Dalam tayangan yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Front TV milik FPI, tampak Rizieq Shihab yang mengenakan pakaian gamis berwarna putih duduk di dekat jendela sisi kanan pesawat tengah menanti giliran untuk turun.

Kepulangan Rizieq Shihab ini akhirnya dapat terlaksana setelah sempat berulang kali batal sejak tahun 2017. Beberapa kali rencana kepulangan pemimpin FPI itu harus gagal lantaran berbagai alasan, salah satunya isu pencekalan oleh otoritas Arab Saudi karena Rizieq Shihab diduga melanggar izin tinggal atau overstay.

Baca Juga :  Harta 2 Cagub Inkumben Melonjak Lebih dari Rp 100 M

Kabar kepulangan Rizieq Shihab kali ini berawal dari pengumuman yang disampaikan pihak FPI pada pertengahan Oktober 2020 lalu. Melalui rilisnya, FPI mengumumkan bahwa Rizieq Shihab akan segera pulang setelah status overstay dicabut dan denda dihapuskan.

Disambut Ribuan Pendukung

Massa pendukung Rizieq Shihab yang hendak menyambut kepulangan pemimpin FPI itu juga tampak telah memadati kawasan Bandara Soekarno-Hatta sejak Senin (9/11/2020) malam. Ribuan pendukung Rizieq Shihab yang mayoritas berpakaian putih-putih itu telah memenuhi ruas jalan menuju bandara serta area Gate 1 Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni atau PA 212, Novel Bamukmin, Rizieq Shihab nantinya akan diantar oleh ribuan pendukungnya menuju kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat. Rizieq akan diarak sepanjang perjalanan tersebut.

Baca Juga :  Jokowi Minta Pengusaha Sektor Pangan Tanggalkan Paradigma Lama

“Saat keluar Bandara akan trus menyapa umat, sampai keluar tol sudah ditunggu ratusan ribu kendaraan,” ujar Novel dikutip dari Tempo.co, Selasa (10/11/2020).

Novel mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sebuah mobil khusus dengan plat nomor B 1 FPI. Mobil berjenis Toyota Pajero itu memiliki atap terbuka atau sunroof. “Beliau akan menyapa umat dari sunroof,” ujar Novel.

Sementara di kawasan Jalan Petamburan III Tanah Abang, Jakarta Pusat, massa pendukung Rizieq Shihab juga sudah ada yang menunggu. Mereka terus mengumandangkan salawat sambil menanti kepulangan pemimpin FPI itu.

Dalam tayangan di kanal Front TV, massa terlihat membawa bendera Merah Putih, bendera FPI, serta spanduk yang menampilkan wajah Rizieq Shihab.