JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Program Gubernur Mengajar Jadi Wadah Sosiliasai Tabungan Simpanan Pelajar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengecek proses belajar daring di SMAN 11 Semarang, Rabu (29/7/2020) pagi. Humas Pemprov
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Program inovatif “Gubernur Mengajar” telah menjadi wadah untuk menyosialisasikan tabungan Simpanan Pelajar ( Simpel). “Banyak cara untuk menyosialisasikan tabungan Simpanan Pelajar ( Simpel). Salah satunya adalah menggunakan program Gubernur Mengajar,” kata Ganjar seperti dalam keterangan tertulis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (5/11/2020).

Gubernur Ganjar menegaskan hal tersebut saat menerima penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam acara penutupan Bulan Inklusi Keuangan tahun 2020 secara daring, pada Kamis (5/11/2020).

Ia menjelaskan, Gubernur Mengajar merupakan program yang sudah lama diinisiasinya dengan datang ke sekolah-sekolah untuk mengajar. “Dalam setiap kesempatan itu, saya selalu membuka ruang dialog dan interaksi dengan para siswa,” kata Ganjar.

Bukan hanya itu, lanjut Ganjar, ia juga membuat kuis dan memberikan hadiah bagi yang bisa menjawab dengan benar.

Baca Juga :  Sehari, 2 Warga Kebumen Tewas di Tangan Ganasnya Setrum Listrik. Begini Kronologisnya!

“Dan sebagai hadiah, saya biasanya berikan berupa tabungan Simpel. Ini ternyata cukup merangsang anak-anak untuk menabung,” ujarnya.

Menurut Ganjar, cara tersebut efektif membuat implementasi gerakan pelajar menabung di Jateng bagus.

Bahkan, dengan cara itu Jateng mendapatkan penghargaan sebagai provinsi terbaik dalam implementasi Simpel tingkat nasional. Jateng dinilai terbaik Pada kesempatan yang sama, anggota Dewan Komisioner OJK, Tirta Segara mengatakan, Jateng dinilai terbaik karena implementasi gerakan simpanan pelajar yang berkembang pesat.

“Saya berpendapat program inklusi keuangan pada generasi penerus sudah dilakukan sejak dini di Jateng,” ujar Tirta.

Tirta menerangkan, gerakan inklusi keuangan kepada pelajar sangat penting dalam menunjang masa depan mereka. Selain itu, lanjut dia, gerakan ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

Baca Juga :  Pembunuhan Sadis Gadis ABG di Hotel Bandungan Semarang Terungkap. Korban Dibantai Usai Ngamar, Pelakunya Tak Disangka Ternyata...

“Upaya Jateng menggelorakan gerakan Simpel semakin membesarkan hati kami dan semangat dalam melakukan inklusi keuangan pada masyarakat,” ucapnya. Tak lupa Tirta mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya atas penghargaan yang telah diraih Jateng.

Menanggapi hal tersebut, Ganjar mengatakan, kesuksesan gerakan inklusi keuangan di Jateng tidak terlepas dari peran OJK.

“Selama ini OJK terus membimbing Jateng untuk menggalakkan program ini, khususnya pada pelajar,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar mengungkapkan, dalam sosialisasi program ini tidak mudah, tapi pihaknya akan mendorong terus agar pelajar di sekolah-sekolah giat untuk menabung.

“Oleh karena itu, melalui gerakan Simpel yang ditengarai kerja sama OJK dengan Bank Jateng, kami akan terus melakukan edukasi kepada pelajar,” kata Ganjar. Kahlil Tama