JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Rizieq Shihab Jalani Tes Swab Mandiri, FPI Klaim Hasilnya Negatif Covid-19. Pengacara FPI: Bukti Medis Privasi HRS

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab. Foto: YouTube/ Front TV

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab beserta keluarganya dikabarkan sudah menjalani tes swab Covid-19 secara mandiri. Pengacara FPI Aziz Yanuar pun mengklaim hasil tes swab tersebut negatif.

Menurut Aziz, dirinya mendapatkan informasi mengenai hasil tes swab mandiri Rizieq Shihab melalui juru bicara FPI Munarman.

“Keterangan hasil tes swab mandiri dari HRS (Habib Rizieq Shihab) dan keluarga kemarin, tadi dinyatakan negatif, alhamdulillah,” ujar Aziz seperti dikutip Liputan6.com, Senin (23/11/2020).

Kendati menyebut hasil tesnya negatif Covid-19, namun Aziz mengatakan untuk bukti medis belum bisa disampaikan lantaran hal itu menjadi privasi dari Rizieq Shihab.

“Adapun mengenai bukti medisnya itu merupakan privasi dari HRS dan akan di-disclose (diungkap) berdasarkan arahan dari beliau,” kata Aziz.

Baca Juga :  Duh, Vaksinasi Covid-19 di Sragen Batal Digelar Besok. Kiriman 1.776 Dosis Sinovac Ditunda, Ini Masalahnya!

Kondisi kesehatan Rizieq Shihab beberapa hari terakhir memang tengah menjadi perbincangan lantaran pemimpin FPI itu belum lagi muncul ke hadapan publik usai menggelar acara pernikahan putri keempatnya pada 14 November 2020 lalu.

Imbauan Isolasi Mandiri

Selain itu, dari serangkaian acara yang dihadiri Rizieq Shihab sebelumnya, baik di Petampuran, hingga Megamendung, Bogor, yang menimbulkan kerumunan massa, disebut kini menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Pihak kepolisian bersama TNI juga sempat mendatangi kediaman Rizieq Shihab di Petamburan pada Minggu (22/11/2020) malam, guna membujuk untuk dilakukan tes swab Covid-19 namun ditolak dengan alasan Rizieq Shihab telah memiliki tim kesehatan sendiri dan akan menjalani tes swab secara mandiri.

Baca Juga :  Satu Kotak Hitam Pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang Rekam Data Penerbangan Akhirnya Ditemukan, KNKT: Pembacaan Data Butuh 2-5 Hari

Sementara itu, Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Budi Hidayat mengimbau masyarakat yang hadir di acara FPI yang dihadiri Rizieq Shihab beberapa waktu lalu untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Hal ini menurutnya, dilakukan menyusul adanya puluhan masyarakat yang hadir di acara Rizieq Shihab, baik yang di Tebet maupun di Petamburan, positif Covid-19.

“Kemenkes mengimbau semua orang yang mengikuti acara tersebut dan siapa pun yang merasa telah kontak erat dengan orang yang hadir agar isolasi mandiri di rumah selama 14 hari,” kata Budi dalam konferensi pers, Minggu (22/11/2020). Liputan 6