JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Subhanallah, Fenomena Awan Topi di Sekitar Gunung Lawu Bikin Heboh. Netizen Takjub Keindahannya, Tapi Ada Yang Bilang Pertanda Bahaya!

   
Penampakan Fenomena awan topi diambil dari berbagai wilayah antara Magetan hingga Tawangmangu, Kamis (5/11/2020). Foto/Rika Verry Kurniawan

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fenomena unik berupa awan topi kembali muncul. Kali ini terjadi di sekitar Gunung Lawu, Tawangmangu, Jawa Tengah.

Fenomena unik awan berbentuk lingkaran ini tertangkap kamera dan tak ayal langsung menyedot perhatian warganet.

Dalam foto yang ramai beredar di media sosial tersebut, terdapat dua buah awan berbentuk lingkaran. Satu awan berada tepat di atas Gunung Lawu, sementara satu lagi berukuran lebih besar berada di sebelah selatan gunung.

Fenomena awan topi di Gunung Lawu ini diposting berbagai platform media sosial, di antaranya akun instagram energisolo.

Akun itu merepost beberapa foto awan topi milik akun @rikaveryykurniawan dengan menyertakan keterangan ‘Awan di Lawu, Tawangmangu-Sarangan pagi ini’.

Postingan itu langsung banjir komentar dan jempol dari netizen. Hingga pukul 11.00 WIB, unggahan tersebut dijempol sebanyak 5.417 kali dan menuai 84 komentar netizen.

MasyaAllah indahnya,” ujar akun mirawati.spd dalam komentarnya.

Kemudian beberapa netizen juga mengomentari fenomena takjub itu.

Apik nek didelok ko ngisor, nek pas neng gunung badai membahayakan kui mind (bagus kalau dilihat dari bawah, kalau pas di gunung badai membahayakan itu admin),” kata akun panjoelprasetyo.

Dikonfirmasi wartawan, Rika Verry Kurniawan membenarkan foto tersebut adalah hasil jepretannya. Rika mengaku tertarik melihat fenomena tersebut dan mengabadikannya dalam perjalanan dari rumahnya di Magetan Jawa Timur menuju tempat kerjanya di Solo.

“Saya ambil dalam perjalanan ke kantor dari Magetan ke Solo. Saya tiap minggu dua kali pasti pulang, ini kok agak ada yang beda. Jadi saya ambil fotonya,” ujar Rika Kamis (5/11/2020).

Rika mengambil gambar sejak dari Magetan hingga wilayah Gondosuli Tawangmangu. Saat itu cuacanya cerah sehingga hasil jepretan Rika jelas menangkap fenomena unik ini.

“Cuaca cerah, saya ambil pertama kali jam 5.40 pagi tadi. Dari Magetan, Sarangan hingga Gondosuli. Yang di Gondusuli itu saya pas di bawah awannya,” imbuhnya.

Rika mengaku tertarik karena fenomena awan topi ini beda dengan yang biasa di lihat. Kalau biasanya hanya satu di atas gunung, kali ini ada dua awan topi dengan ukuran yang sangat besar.

“Tertarik karena bentuknya nggak biasa. Yang biasa yang (awan) caping gunung yang tepat di atas gunung. Ini tadi ada satu awan lagi di sebelah selatannya,” paparnya.

Relawan komunitas Anak Gunung Lawu, Budi Santoso, membenarkan fenomena tersebut. Menurutnya, awan tersebut adalah awan Lenticular yang terjadi karena pusaran angin di wilayah ketinggian.

“Awan Lentikular. Itu biasanya di atas, memutari gunung biasanya,” terangnya.

Awan Lentikular, lanjut Budi, menandakan terjadi angin kencang yang berputar-putar di wilayah gunung. Fenomena ini sudah biasa terjadi meskinpun frekuensinya jarang.

“Jarang, biasanya durasinya lama. Karena terjadi di ketinggian dua ribu meter ke atas, biasanya gunung-gunung lain seperti Merapi dan Merbabu terjadi fenomena yang sama,” imbuhnya.

Budi menampik jika fenomena awan Lentikular ini merupakan pertanda terjadinya sesuatu. Menurutnya, hal ini murni fenomena alam.

“Yang jelas anginnya kencang di atas. Kita sudah kasih edukasi kepada pendaki yang naik, dalam arti kondisi cuaca seperti ini, jadi jangan terlalu dipaksakan,” kata Budi.

Menurutnya, mayoritas para pendaki sudah memiliki wawasan sehingga mereka sedikit banyak sudah paham apa yang harus dilakukan ketika menemui kondisi ekstrem.

Meski demikian, pihak relawan AGL tetap mewanti-wanti para pendaki agar meningkatkan kewaspadaan. Menurutnya hari ini kebetulan agak sepi karena sampai siang ini baru ada enam orang.

” Tapi tetap kita kasih imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan,” paparnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com