JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Twitter Rilis Fitur Fleets, Bisa Unggah Konten yang akan Hilang Setelah 24 Jam. Netizen Sebut Makin Mirip Instagram

Ilustrasi Twitter. Foto: pixabay.com
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JOGLOSEMARNEWS.COM Ada fitur baru di aplikasi media sosial Twitter. Fitur bernama Fleets itu memungkinkan pengguna untuk mengunggah konten yang akan hilang dengan sendirinya setelah 24 jam sejak diposting.

Fitur tersebut sebenarnya sudah diumumkan sejak awal 2020, namun baru sekarang resmi diluncurkan bagi seluruh pengguna global.

Netizen pun menilai fitur tersebut bukan sesuatu yang baru dalam dunia media sosial karena sebelumnya juga telah digunakan dalam Instagram story, Facebook, bahkan WhatsApp.

Bahkan tampilan fitur baru Twitter ini juga tidak banyak berbeda dengan fitur Instagram Story, yakni berupa bulatan-bulatan yang berjejer di bagian paling atas layar.

twitter fleets
Tampilan fitur baru Twitter, Fleets. Foto: Twitter

Mengutip The Verge, Selasa (18/11/2020), Twitter berharap Fleets akan membantu mengurangi tekanan ketika pengguna mencuit sesuatu. Misalnya, ketika mengekspresikan pendapat ataupun perasaan yang lebih santai.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini, Kamis 19 November 2020: Scorpio Mendapat yang Dibutuhkan, Sagitarius Merasa Emosional

Fleets mulai digulirkan sejak Selasa lalu untuk pengguna Android dan iOS, kemudian fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa hari mendatang.

“Melalui pengujian kami di Brasil, Italia, India, dan Korea Selatan, kami mengetahui Fleets dapat membantu orang merasa lebih nyaman bergabung dalam percakapan. Kami melihat, pengguna dengan Fleets lebih banyak berkicau di Twitter,” kata Direktur Desain Twitter Joshua Harris dan Manajer Produk Twitter Sam Haveson di unggahan blog Twitter.

Lebih lanjut disebutkan keduanya, para pengguna yang baru mengenal Twitter mendapati Fleets sebagai cara yang lebih mudah untuk membagikan apa yang ada di pikiran mereka.

“Karena unggahan di Fleets menghilang dari pandangan setelah satu hari. Fleets membantu orang-orang merasa lebih nyaman untuk berbagi pemikiran, opini, dan perasaan pribadi yang kasual,” katanya.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini, Jumat 20 November 2020: Aquarius Akan Merasa Kelelahan, Scorpio Akan Memahami Arti Keluarga

Melalui Fleets, pengguna bisa saling berbagi teks, respon atas cuitan lain, atau unggahan video ataupun opsi teks berlapis dengan warna latar belakang yang senada. Tiap pesan akan menghilang 24 jam setelah diunggah.

Antara pengguna Twitter juga bisa saling menanggapi Fleets ataupun mengirim pesan langsung ke pengunggahnya, mirip dengan proses membalas Stories di Instagram.

Bahkan nantinya, Twitter dikabarkan juga akan memperkenalkan fitur stiker dan live streaming melalui Fleets. Kendati demikian, pengguna tidak bisa memberikan like ataupun me-retweet Fleets seperti ritwit biasa.

Saat ini, Twitter tidak menghadirkan notifikasi bila ada pengguna lain yang menangkap layar unggahan Fleets seseorang. Selain itu, unggahan di Fleets akan bisa dilihat oleh semua orang yang mengikuti akun tersebut. Liputan 6