JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Jenjang SMP di Solo Dimulai, Seluruh Orangtua Siswa Wajib Antar Jemput

Siswa SMPN 4 Solo mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi, Rabu, 4 November 2020. Foto: JSNews/Triawati Prihatsari
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah Solo mulai dilakukan Senin Rabu (4/11/2020). Uji coba tahap pertama ini khusus bagi siswa kelas IX SMP di tiga sekolah yang telah ditunjuk yaitu SMPN 4 Solo, SMP Al Azhar Syifa Budi dan MTsN 1 Solo.

Kepala SMPN 4 Solo, Sri Wuryani mengatakan, uji coba PTM tahap pertama dilakukan selama dua pekan ke depan. Siswa belajar di sekolah selama dua jam dari pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

“Sistemnya setengah kapasitas dari total kapasitas rombel. Jadi total siswa kelas IX di sekolah kami 289 siswa. Yang ikut tahap pertama ini setengah dari total 219 siswa yang diizinkan oleh orang tuanya masing-masing. Jadi tidak semua wali siswa kelas IX mengijinkan anaknya mengikuti uji coba PTM ini,” paparnya.

Baca Juga :  Gelar Aksi Penolakan Kedatangan Habib Rizieq, Aliansi Warga Solo: Bisa Timbulkan Kegaduhan!

Uji coba PTM di SMPN 4 Solo sendiri diikuti sembilan rombel yang diisi 13 siswa untuk masing-masing rombel. Siswa wajib mengenakan masker dan face shield selama berada di sekolah.

“Teknisnya, mereka wajib diantar jemput oleh wali selama masa uji coba PTM ini. Jadi keamanan dan keselamatan siswa tetap dijamin. Makanya sebelum pelaksanaannya, wali wajib menandatangani surat persetujuan antar jemput siswa selama mengikuti PTM. Wali kemudian mengantar sampai di titik yang telah ditentukan oleh sekolah dan nanti menjemput kembali di titik yang telah ditentukan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Kelanjutan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Putri Cempo Temui Titik Terang

Sementara itu bagi siswa lain yang berada di rumah tetap wajib mengikuti pembelajaran via daring. Diimbuhkan Kepala SMP Al Azhar Syifa Budi, Mustaghfirin, total siswa yang ikut uji coba PTM di sekolahnya sebanyak 11 siswa yang dibagi dua rombel.

“Total siswa IX kami sebanyak 81 siswa. Yang diijinkan wali mengikuti uji coba PTM sebanyak 32 awalnya, kemudian mengundurkan diri sebanyak tujuh siswa. Mapel untuk PTM ini Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika, sesuai kesepakatan,” tukasnya. Triawati PP