JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Bukan Akibat Serangan Siber, Ini Penyebab YouTube dan Layanan Google Alami Down Massal

   

JOGLOSEMARNEWS.COM Layanan berbagi dan streaming video, YouTube, pada Senin (14/12/2020) malam sempat mengalami gagal akses atau down. Para pengguna pun mengeluhkan hal tersebut di media sosial hingga menjadi trending.

Tidak hanya YouTube, masalah yang sama ternyata juga dialami sejumlah layanan milik Google, termasuk Gmail, Google Search, hingga Play Store. Tumbangnya sejumlah layanan milik raksasa teknologi itu dirasakan pengguna selama sekitar satu jam, meski pernyataan resmi dari Google hanya menyebut selama 45 menit.

Lantas apa sebab YouTube dan sejumlah layanan Google itu mengalami down? Pernyataan juru bicara Google yang dikutip CNET, Selasa (15/12/2020), membantah jika tumbangnya sistem disebabkan oleh serangan siber atau peretasan. Menurut mereka, masalah tersebut terjadi lantaran ditemukan kesalahan dalam kuota penyimpanan internal.

Baca Juga :  Gegara Candaan Kekerasan Seksual, Ivan Gunawan Panen Hujatan dari Netizen

“Layanan yang mengharuskan pengguna untuk masuk (login) mengalami tingkat kesalahan tinggi selama periode ini,” demikian pernyataan juru bicara Google dikutip dari CNET.

Lebih lanjut, Google menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pengguna yang turut merasakan dampak dari kesalahan sistem tersebut.

“Ke depannya, Google juga akan melakukan peninjauan tindak lanjut secara menyeluruh untuk memastikan masalah serupa tidak terulang di masa mendatang,” lanjut pernyataan Google.

Sebelumnya diberitakan, pengguna layanan streaming dan berbagi video, YouTube, mengeluhkan tidak dapat mengakses situs tersebut pada Senin (14/12/2020) malam. Tak hanya YouTube, sejumlah layanan milik Google juga dikabarkan mengalami down.

Para pengguna YouTube mengeluhkan hal tersebut di media sosial Twitter, hingga menjadikan tagar #YouTubeDown trending topic, termasuk di Indonesia. Joglosemarnews yang mencoba mengakses juga mengalami kesulitan untuk login menggunakan email dari Gmail. Namun masih dapat memutar video tanpa login.

Baca Juga :  Gegara Candaan Kekerasan Seksual, Ivan Gunawan Panen Hujatan dari Netizen

Namun tak lama, sekitar pukul 20.00 WIB, gangguan pada layanan tersebut sudah pulih. Termasuk YouTube sudah dapat diakses dan melakukan login menggunakan akun Gmail.

Ini bukan kali pertama YouTube dan layanan Google mengalami down. Sebelumnya pada 12 November dan 20 Agustus 2020, layanan berbagi video milik Google itu juga sempat tidak dapat diakses. Tak hanya di Indonesia, gangguan juga dirasakan pengguna di berbagai negara.

Tidak dijelaskan penyebab gangguan yang terjadi pada YouTube dan layanan Google tersebut.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com