JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Mulai 2021, Bupati Perintahkan Semua Dana Desa dan ADD 164 Desa Dikelola Lewat BPR Bank Daerah Karanganyar. Ini Alasannya!

Bupati Juliyatmono. Foto/Beni
PPDB
PPDB
PPDB

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM- Bupati Karanganyar, Juliyatmono memerintahkan jalur kerjasama pengelolaan Anggaran Dana Desa & Dana Desa (ADD & DD) sebanyak 164 desa melalui BPR Bank Daerah Karanganyar. Tujuan kerjasama guna memperkuat likuiditas bank lokal milik Pemkab Karanganyar.

Menurut Bupati sudah banyak daerah yang melakukan kerjasama tersebut seperti Boyolali, Klaten, Gunungkidul dan sejumlah kabupaten/kota lainnya melakukan kerjasama tersebut dengan bank milik daerah setempat. Untuk itu Kabupaten Karanganyar juga akan melakukan hal serupa.

“Kami sudah koordinasi dengan BPR Bank Daerah Karanganyar agar segera menyiapkan infrastruktur untuk pelayanan kerjasama ADD/DD yang akan direalisasikan pada 2021 mendatang,” ujarnya, Selasa (15/12/2020).

Pasalnya realisasi kerjasama itu dilakukan pada 2021 sehingga waktunya sudah dekat.

Dijelaskan Bupati, pemilik saham mayoritas BPR Bank Daerah Karanganyar sebanyak 51% sudah dikuasai oleh pemerintah. Lalu kinerja bank tersebut tergolong baik sehat dengan total aset Rp 400 miliar sehingga harus didorong terus.

Salah satunya dengan memberikan peluang mengelola ADD & DD agar terjadi peningkatan likuiditas sehingga bisa bermanfaat bersama.

Sementara Direktur BPR Bank Daerah Karanganyar, Haryono menjelaskan kesiapannya untuk mengelola DD & ADD tersebut. Apalagi lanjutnya bupati sudah membuat SK perihal kerjasama tersebut.

“Kami segera lakukan sosialisasi kepada para Kades pada Desember ini,” ujarnya.

Apalagi banyak kades yang responsif akan bekerjasama melalui pengelolaan BumDes dengan BPR Bank Daerah Karanganyar.

Menurut Haryono, dengan kerjasama tersebut potensi dana pihak ketiga sekitar Rp 260 miliar akan dikelola oleh BPR Bank Daerah Karanganyar.

Untuk itu pihaknya sudah menyiapkan segala teknis pelayanan termasuk sistem online. Apalagi pihaknya selama ini memiliki jaringan pelayanan lengkap hingga ke tingkat kecamatan-kecamatan. Beni Indra