JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Penyakit Misterius Gegerkan India, 300 Orang Mendadak Sakit. Gejalanya Mual, Pingsan, hingga Mata Terasa Terbakar

Salah seorang pasien yang terserang penyakit misterius di India tengah mendapat perawatan medis di rumah sakit pemerintah Eluru. Foto: ANI/Indian Express
   

INDIA, JOGLOSEMARNEWS.COM Masyarakat India, terutama di negara bagian Andhara Pradesh, tengah digegerkan oleh penyakit misterius yang menyerang warga. Setidaknya 300 orang dilaporkan telah jatuh sakit di Eluru, distrik Godavari Barat, Andhra Pradesh.

Dilansir Indian Express, ratusan warga mulai sakit mendadak sejak Sabtu (5/12/2020) malam waktu setempat. Beberapa di antara mereka bahkan masih anak-anak.

Menurut dokter yang menangani, para pasien mengeluhkan berbagai gejala, mulai dari mual hingga jatuh pingsan. “Orang-orang yang jatuh sakit, terutama anak-anak, tiba-tiba mulai muntah setelah mengeluhkan mata mereka terasa seperti terbakar. Beberapa dari mereka pingsan atau kejang,” kata seorang petugas medis di Rumah Sakit Pemerintah Eluru.

Petugas medis tersebut juga mengatakan, ada pasien yang sempat dalam kondisi kritis saat dibawa masuk ke rumah sakit pada Sabtu lalu. Namun, kondisi mereka saat ini sudah mulai membaik.

Diduga Air Minum Tercemar

Para pejabat di India mencurigai jika penyakit misterius yang menyerang ratusan warga di Andhra Pradesh disebabkan oleh air minum yang terkontaminasi atau polusi udara.

Pihak oposisi Partai Telugu Desam (TDP) menilai besar kemungkinan penyebab penyakit misterius itu adalah air minum yang tercemar. Kepala TDP, Chandrababu Naidu, menuntut penyelidikan yang tidak memihak dan menyeluruh atas insiden tersebut.

“Dengan lebih dari 250 orang kini terkena dampak, situasi di Eluru semakin memburuk. Saya menuntut penyelidikan yang tidak memihak dan menyeluruh atas insiden tersebut. Banjir, topan, atau perawatan kesehatan, pemerintah YSRCP (partai politik India yang berbasis di Andhra Pradesh) tidur siang dalam situasi darurat.”

“Bisakah ada kegagalan yang lebih buruk dan lebih besar dari ini? Insiden pencemaran air Eluru menyerukan deklarasi Darurat Kesehatan di Andhra Pradesh. Cukup,” tulis Chandrababu di akun Twitter miliknya, @ncbn, Minggu (6/12/2020).

Sementara itu, pemerintah setempat membantah tuduhan mengenai pencemaran air minum. Menteri Kesehatan Andhra Pradesh, Alla Kali Krishna Srinivas, menyebut kontaminasi air atau polusi udara bukanlah penyebabnya, setelah pihaknya mengunjungi daerah-daerah di mana warga jatuh sakit.

Srinivas juga mengatakan, hasil pengujian sampel air tidak ditemukan adanya kontaminasi. Sementara itu, sampel darah dan swab telah dikirim untuk analisis laboratorium.

“Tidak ada infeksi virus yang terdeteksi. Semua pasien negatif Covid-19. Ini adalah penyakit misterius dan hanya analisis laboratorium yang akan mengungkapkan apa itu,” ujarnya.

“Semua pasien telah bebas dari bahaya. Dari 300 orang yang terkena dampak, sekitar 125 orang telah dipulangkan pada Minggu malam,” imbuh Srinivas.

Dia juga mengatakan, tim dokter telah dikirim dari Vijayawada untuk membantu dokter setempat dan menyelidiki penyebab penyakit tersebut. “Kamp medis sedang didirikan untuk memberikan perawatan kepada pasien. Survei pintu ke pintu dilakukan untuk memantau kesehatan mereka,” kata Srinivas.

Gubernur Andhra Pradeh, Biswabhusan Harichandan, turut menyatakan keprihatinannya atas insiden tersebut. Ia menanyakan kepada pemerintah daerah tentang kondisi warga yang dirawat di rumah sakit.

Harichandan juga mengarahkan pejabat departemen medis dan kesehatan untuk mencari tahu alasan di balik banyaknya orang yang tiba-tiba jatuh sakit, dan mengambil tindakan untuk menghindari kejadian terulang kembali.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com