JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Pesawat Latih Jatuh di Lanud Adisutjipto Yogya, Dua Pilot Selamat

Pesawat KT -01 Wong Bee / tribunnews
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dua orang pilot berhasil menyelamatkan diri dari kecelakaan pesawat latih KT-1B Wong Bee di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Senin (7/12/2020).

Dua pilot yang menerbangkan pesawat tersebut  dilaporkan berhasil keluar dan selamat dari insiden itu.

Informasi yang dihimpun Tribun Jogja, berdasarkan keterangan dari Kadispenau, Kolonel Pnb Indan Gilang, peristiwa jatuhnya pesawat latih KT-1B Wong Be terjadi di ujung barat runway Lanud Adisutjipto.

Pesawat latih tersebut dikemudikan oleh dua pilot TNI AU, masing-masing Mayor Pnb Sekti Ambarwati (instruktur) dan Letda Adm Krisna Nugraha (Siswa Penerbang) yang sedang melaksanakan latihan rutin menggunakan pesawat latih.

Kadispenau mengatakan, meskipun pesawat memgalami total lost (rusat berat),  kedua pilot Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta itu, dinyatakan selamat.

Baca Juga :  Pura-pura Cari Tempat Laundry, Perempuan Asal Jabar Ini Curi Uang Rp 81 Juta di Bantul

“Kecelakaan terjadi pukul 12.50 WIB, pada saat melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu/runway 09 Lanud Adi Sutjipto,” katanya dalam keterangan tertulis.

Kadispenau menyatakan, pilot dan siswa berhasil keluar dari pesawat dengan selamat, demikian juga tidak terjadi kerusakan dan kerugian material dan personel di darat, karena pesawat jatuh di area tanah kosong di dalam Lanud Adisutjipto.

“Saat ini kedua pilot sedang menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter Rumah Sakit Pusat TNI AU (RSPAU) Hardjolukito, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta,” jelasnya.

“Penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan oleh tim investigasi TNI AU,” ujar dia.

Dua pilot TNI AU, masing-masing Mayor Pnb Sekti Ambarwati (instruktur) dan Letda Adm Krisna Nugraha (Siswa Penerbang) dinyatakan selamat.

Baca Juga :  Seminggu, Jalan Tol Yogya-Solo Dilalui 58.000 Mobil

Kini keduanya mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat TNI AU (Ruspau) Hardjolukito.

“Meskipun pesawat mengalami total lost (rusak berat) kedua pilot Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta itu dinyatakan selamat,” kata Kadispenau, Kolonel Pnb Indan Gilang dalam keterangan tertulis.

“Saat ini kedua pilot sedang menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter Rumah Sakit Pusat TNI AU (Ruspau) Hardjolukito, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta,” sambungnya.

Kadispenau menerangkan, kecelakaan itu terjadi pukul 12.50 WIB, pada saat melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu atau runway 09 Lanud Adi Sutjipto.

“Penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan oleh tim investigasi TNI AU,” pungkasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com