JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Artis

Pilkada Serentak 2020: Ini 7 Artis yang Ikut Ramaikan Persaingan dalam Pemilihan Kepala Daerah, Ada Adly Fairuz dan Sahrul Gunawan

Artis Sahrul Gunawan, David Chalik, dan Iyeth Bustami, yang turut meramaikan ajang Pilkada serentak 2020. Foto: Instagram

JOGLOSEMARNEWS.COM Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak kembali digelar di sejumlah wilayah di Indonesia pada Rabu (9/12/2020) hari ini.

Pilkada serentak kali ini dijadwalkan terselenggara di 9 provinsi dan 261 kabupaten/kota di Indonesia dengan diikuti oleh 1.476 calon kepala daerah atau 738 pasangan calon.

Seperti ajang pesta demokrasi sebelum-sebelumnya, Pilkada kali ini juga turut diramaikan oleh pencalonan sejumlah publik figur atau artis. Ada setidaknya tujuh artis yang ikut dalam persaingan memperebutkan kursi sebagai pejabat kepala daerah di Pilkada kali ini.

Berikut ini tujuh selebritas yang namanya terdaftar sebagai calon peserta Pilkada serentak 2020 kali ini:

1. Adly Fairuz

Pemilik nama lengkap Ahmad Adly Fairuz ini dikenal sebagai artis peran dan juga penyanyi. Ia memiliki darah keturunan Sunda dan ternyata masih memiliki hubungan kerabat dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Adly Fairuz dikenal salah satunya melalui perannya sebagai Aldo di sinetron Cinta Fitri dan Adam di Jodoh Wasiat Bapak.

Pilkada 2020 ini bukan kali pertama bagi Adly maju dalam pemilihan politik. Sebelumnya ia sempat maju sebagai calon anggota legislatif DPR RI 2019-2024, namun gagal terpilih.

Kali ini ia mencalonkan diri sebagai wakil bupati Karawang, Jawa Barat, menjadi pasangan Yesi Karya Lianti, yang diusung PPP, PBB, dan PAN. Adly sendiri diusung oleh PDIP.

2. Sahrul Gunawan

Seperti halnya Adly Fairuz, Sahrul Gunawan juga dikenal sebagai seorang penyanyi, aktor sinetron, model, dan juga presenter.

Baca Juga :  Ramai Nissa Sabyan Disebut Jadi Selingkuhan dan Pelakor, Sang Ayah Tegas Membantah: Semua Itu Nggak Benar

Sahrul mengawali kariernya dari dunia model sebelum kemudian merambah ke dunia tarik suara dan akting. Namanya mulai dikenal sejak dia memerankan karakter Jun dalam sinetron komedi Jin dan Jun.

Sahrul Gunawan juga sempat gagal dalam pemilihan calon legislatif DPR RI periode 2019-2024 dari Partai Nasdem. Kini ia maju sebagai calon wakil bupati Bandung berpasangan dengan Dadang Supriatna dengan nomor urut tiga.

3. David Chalik

David Chalik dikenal sebagai aktor sinetron dan juga presenter yang kerap tampil di layar kaca. Meski tidak banyak yang tahu, namun David Chalik cukup aktif dalam bidang pendidikan anak usia dini (PAUD) dan kemanusiaan bersama organisasi sosial. Ia juga aktif dalam kegiatan dakwah syiar Islam.

Penyandang gelar sarjana teknik mesin ini selain aktif dalam bidang seni juga sedang merintis bisnis dalam bidang rumah produksi dan industri sepatu.

Dalam Pilkada 2020, David Chalik mencalonkan diri sebagai wakil wali kota Bukittinggi, mendampingi Irwandi yang maju sebagai calon wali kota di Sumatera Barat itu. Pasangan ini diusung oleh PAN dan Nasdem.

4. Iyeth Bustami

Iyeth Bustami dikenal sebagai seorang penyanyi melayu dan dangdut. Pelantun lagu Laksmana Raja di Laut ini memiliki nama asli Sri Barat, yang lahir di Bengkalis, Riau.

Iyeth Bustami mencalonkan diri sebagai wakil bupati Bengkalis, yang tak lain adalah kampung halamannya. Ia menjadi pendaming Kaderismanto yang mencalonkan diri sebagai wali kota Bengkalis yang diusung PDIP dan PKB.

Baca Juga :  Ramai Diberitakan Selingkuh dengan Nissa Sabyan, Ayus Minta Maaf kepada Istri dan Keluarga

5. Firman Mutakin

Artis sinetron yang juga terkenal dengan nama Lian Firman ini mulai dikenal setelah berperan dalam sinetron fenomenal Cinta Fitri.

Sempat menjalani kuliah kedokteran di Universitas Lampung, Lian Firman kemudian hijrah ke Jakarta untuk memulai karier di dunia akting. Ia sempat membintangi sejumlah film salah satunya yang berjudul Miracle pada tahun 2007.

Dalam Pilkada 2020, Lian Firman maju sebagai calon wakil bupati Cilegon, menjadi pasangan Ali Mujahidin yang maju melalui jalur independen atau non-partai politik.

6. Fadia A Rafiq

Pemilik nama lengkap Laila Fadia Elfouz Rafiq ini adalah putri dari penyanyi dangdut senior A Rafiq. Fadia mulai mengikuti jejak ayahnya menjadi penyanyi dangdut dan mulai dikenal setelah merilis single berjudul Cik Cik Bum Bum.

Dalam Pilkada serentak kali ini Fadia mencalonkan diri sebagai bupati Pekalongan berpasangan dengan Riswadi sebagai calon wakil bupati. Pasangan ini diusung oleh PDIP, Golkar, PAN, PKS, Demokrat dan PSI.

7. Lucky Hakim

Artis dan pemain sinetron Lucky Hakim juga turut meramaikan ajang Pilkada serentak 2020. Ia maju dalam bursa kepala daerah Kabupaten Indramayu sebagai calon wakil bupati.

Pria yang juga dikenal sebagai penulis dan investor di bidang perkebunan dan peternakan ini menjadi pendamping Nina Agustin Da’i Bachtiar, anak dari mantan Kapolri Da’i Bachtiar, yang maju sebagai calon bupati. Pasangan ini diusung oleh PDI Perjuangan, Gerindra dan Nasdem.