JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ribuan Pastor, Suster, Uskup dan Kardinal Galang Dana Untuk Guru Honorer Lewat Olah Raga Virtual

Ignatius Kardinal Suharyo, Pelindung Caritas Christmas Cross Challenge 2020 dan peserta olahraga lari / istimewa / tempo.co
   
Ignatius Kardinal Suharyo, Pelindung Caritas Christmas Cross Challenge 2020 dan peserta olahraga lari / istimewa / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Sebagai wujud kepedulian terhadap guru-guru honorer, khususnya yang berada di daerah terpencil, 900 lebih rohaniwan-rohaniwati Katolik,17 orang uskup, dan seorang kardinal menggalang dana bantuan Natal bagi mereka.

Penggalangan dana itu dilakukan melalui olahraga secara virtual bersama ribuan pelari, pesepeda, pejalan cepat di seluruh Indonesia dan sedikitnya dari 17 negara Eropa, Amerika Utara, Asia, Timur Tengah. Penggagas acara ini adalah Asosiasi Alumni Jesuit Indonesia (AAJI).

“Keterlibatan kardinal, belasan uskup, serta hampir seribuan pastor dan suster, belum pernah terjadi dalam sejarah penggalangan dana melalui olahraga secara virtual di  Indonesia mau pun di dunia,” ujar Antonius Widyarsono SJ. Pater, pastor Jesuit sekaligus pengajar filsafat hukum, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/12/ 2020).

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Serahkan Bukti Tambahan Sebanyak 15 Kontainer ke MK

Hasil penggalangan dana Caritas Christmas akan disalurkan kepada 1.800-2.000 guru honorer sekolah swasta Katolik di 27 provinsi di luar Pulau Jawa.

Para donator dipersilakan menyumbang Rp 50.000 per poin. Setiap poin setara satu kilometer lari dan jalan, serta tiga kilometer bersepeda. Para donatur bisa mengecek  pergerakan sumbangannya secara transparan melalui platform Aktivin.

Di hari pembukaan, dana yang terkumpul  mendekati Rp 2,5 milyar (50 ribu poin). Ini  setara 50 ribu kilometer atau lebih dari sekali mengelilingi bumi.

Baca Juga :  Tak Ingin Partai Ka’bah Hilang Karena Operasi Politik Jokowi, Ini yang Dilakukan PDIP

“Kami akan gembira sekali bila semakin banyak yang tergerak berdonasi,” kata Christiano Hendra Wishaka, Ketua Panitia Pelaksana Caritas Christmas.

Ignatius Kardinal Suharyo yang ikut berlari, berpesan agar kegiatan belarasa ini menjadi  gerakan bersama untuk kebaikan para guru  serta masyarakat luas.

“Hendaknya ini menjadi gerakan bersama untuk membantu mengangkat beban para guru terutama  mereka yang berada di tempat-tempat jauh dan terpencil,” katanya.

Kardinal Suharyo memimpin misa pembukaan Caritas Christmas Cross  Challenge di Katedral Jakarta pada 1 Desember 2020. Diikuti oleh umat secara terbatas, acara ini disiarkan secara daring melalui saluran Youtube.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com