JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sosok Zulkarnaen, Teroris Kelahiran Masaran Sragen Yang Ditangkap Densus 88 di Lampung. Dikenal Sebagai Ahli Peracik Bom, Siapkan Pelatihan Khusus Hingga Terlibat Konflik Poso dan Ambon!

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigadir Jenderal (Brigjen) Argo Yuwono / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM -Tim Detasemen Khusus atauย Densus 88ย Antiteror berhasil menangkap seorang terduga teroris asal Sragen bernama Zulkarnaen (57) di Lampung, Sabtu (12/12/2020).

Penangkapan Zulkarnaen turut menguak jatidiri teroris kelahiran Desa Gebang, Masaran Sragen yang dibekuk usai buron selama 20 tahun itu.

Ternyata, pria bernama asli Aris Sumarsono itu dikenal sebagai ahli peracik bom. Dia juga diketahui menyiapkan pelatihan membuat bom dan terlibat sejumlah konflik di beberapa daerah.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan Zulkarnaen diketahui menyiapkan semacam pelatihan khusus membuat bom dan terlibat konflik-konflik di Poso dan Ambon.

Baca Juga :  Harga Gas LPG 3 Kg di Sragen Naik Ugal Ugalan Per Tabung Tembus Rp 30000 Warga: Sudah Terjadi 1 Minggu Sebelum Lebaran Idul Fitri

Zulkarnaen merupakan buronan terkait kasus teror Bom Bali 1,” papar Argo.

Argo mengatakan terduga teroris asal Sragen, Jawa Tengah itu diduga berperan dalam menyembunyikan Upik Lawangan alias Taufik Bulaga alias Udin.
Upik telah lebih dulu ditangkap Densus 88 di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung pada 23 November 2020.

Argo menjelaskan Zulkarnaen pernah menempuh pendidikan selama empat semester.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

Yakni pada tahun 1982 di Fakultas Biologi sebuah kampus di Yogyakarta.

“Zulkarnain adalah panglima askariย Jamaah Islamiyahย ketika bom Bali 1,” jelasnya.

Zulkarnaen disergap dalam sebuah penggerebekan di Gang Kolibri, Toto Harjo, Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Dari data Mabes Polri, pria asal Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen itu dikenal memiliki lima nama.

Selain Zulkarnaen, ia juga dikenal dengan nama lainย Aris Sumarsono alias Daud alias Zaenal Arifin alias Abdulrahman itu.

“Penangkapan tanpa perlawanan,” jelas Argo Yuwono. (Tempo.co/Wardoyo)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com