JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Belum Ada 2 Bulan Sejak Dibuka, Pendaftar UMS Sudah Capai 3.000 Orang Lebih

Gedung Induk Siti Walidah UMS. Foto : dok UMS
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sejak pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dibuka Desember 2020 lalu, jumlah pendaftar sampai saat ini telah mencapai 3000 orang lebih. Tepatnya pada awal Januari 2021, sistem pendaftaran telah mencatat jumlah pendaftar sebanyak 3.103 orang.

Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) UMS, Triyono mengatakan, dari total 3.103 pendaftar tersebut yang dinyatakan lolos sebanyak 1.054 orangm sedangkan yang telah melakukan registrasi dan resmi menjadi mahasisa UMS 420 orang.

“Peminat paling tinggi masih di tempati oleh Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Psikologi dan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar),” paparnya, Senin (18/1/2021).

Triyono menambahkan, pendaftaran dilakukan secara full online melalui laman https://e-seleksi.pmb.ums.ac.id/ di mana proses pendaftarannya menggunakan jalur raport dan prestasi. Terdapat empat komponen yang menjadi penentu diterima atau tidaknya di UMS.

“Komponen tersebut yakni portolio raport, prestasi calon mahasiswa yang diakui, ketetatan prodi yang dipilih dan akreditasi asal sekolah. Sedangkan untuk tes kesehatan baik fisik maupun kejiwaan atau yang biasa dikenal dengan tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) yang biasanya dilakukan di UMS, di masa pandemi ini boleh dilakukan di daerahnya masing-masing,” imbuhnya.

Triyono mengungkapkan, meskipun memberikan pelayanan full online, namun secara kualitas tidak jauh berbeda dengan layanan One Day Service (ODS) yang biasanya dilakukan.

“Pelayanan E-Seleksi ini tidak jauh berbeda dengan ODS secara luring, jadi kalau semua berkas sudah dimasukkan ke online kemudian akan diverifikasi oleh petugas, dan setelah dinyatakan valid maka siang harinya langsung divalidasi dan diumumkan lolos atau tidaknya,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com