JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Belum Disuntik Vaksin, Ketua Satgas Covid-19 Terinfeksi Virus Corona. Doni Monardo: Saya Tertular saat Lepas Masker ketika Makan

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB, Doni Monardo, mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada 22 September 2020. Foto: TEMPO/M Taufan Rengganis via Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengumumkan bahwa dirinya positif terinfeksi virus corona. Ia pun meyakini telah tertular saat sedang tidak mengenakan masker ketika makan.

“Dari hasil tes PCR tadi malam, pagi ini mendapatkan hasil positif Covid-19 dengan CT Value 25,” kata Doni dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/1/2021).

Doni mengaku selama ini dirinya sudah berusaha patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan, namun masih bisa tertular dan positif Covid-19. Ia pun meminta kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Dengan kejadian ini saya meminta masyarakat agar jangan kendor dalam memakai masker, menjaga jarak dan jauhi kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” katanya.

Doni mengaku sama sekali tidak merasakan gejala apapun. Pagi ini, ia juga tetap beraktivitas normal dengan olahraga ringan berjalan kaki sejauh 8 kilometer.

Baca Juga :  Sekolah Calon Perwira TNI AD Undang Aqua Dwipayana Motivasi Ribuan Siswa agar Mahir dalam Komunikasi

Terkait kemungkinan kapan dirinya tertular, Doni Monardo meyakini dirinya terpapar virus corona saat makan sehingga terpaksa melepas masker. Karenanya, dia menyerukan kepada masyarakat untuk sementara menghindari acara makan bersama guna mencegah penularan.

“Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain,” tutur Doni.

Dia menuturkan selama seminggu memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan ada beberapa momen harus melepas masker ketika makan bersama orang lain. “Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular,” ujarnya.

Doni yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) itu memang belakangan kerap berada di lokasi terdampak bencana, termasuk ke Banjarmasin yang dilanda banjir.

Baca Juga :  Sudah 299 Warga Sragen Meninggal Dunia Terpapar, 17 Orang Kembali Dinyatakan Positif Hari Ini. Jumlah Kasus Tembus 4.935, Yang Sembuh 4.581 Orang

Dia menuturkan, dalam sebelas bulan terakhir sejak mulai menangani pandemi Covid-19, selalu berusaha menghindari paparan virus dengan menuruti semua anjuran para pakar kesehatan. Namun, dari semua langkah pencegahan rupanya tetap ada celah sehingga terpapar virus corona.

Sementara itu, staf BNPB, Egy Massadiah, menuturkan bahwa meski menjabat sebagai ketua satgas, Doni Monardo belum mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Menurut Egy, Doni belum dijadwalkan menjalani vaksinasi saat berangkat untuk melakukan kunjungan kerja ke daerah-daerah yang terdampak bencana.

Selain Doni Monardo, ada salah seorang stafnya juga dilaporkan tertular virus corona. Saat ini, Doni menjalani isolasi mandiri sambil memantau upaya penanggulangan Covid-19 dan penanganan dampak bencana banjir Kalsel dan gempa Mamuju.

www.tempo.co