JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gempa Sulawesi Barat Tewaskan 84 Orang

Petugas K9 Mabes Polri mengerahkan anjing pelacak saat melakukan pencarian korban reruntuhan akibat gempa bumi di Rumah Sakit Manakarra, Mamuju, Sulawesi Selatan, Senin 18 Januari 2021. / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat mengakibatkan ย 84 meninggal dunia. Hal itu diungkapkan oleh perwakilan Badan SAR Nasional (Basarnas), Didik Hamzah.

Menurutnya, puluhan korban gempa tersebut merupakan penduduk di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju.

Korban terdiri dari 73 orang di Mamuju dan 11 orang di Majene.

“Untuk hasil evakuasi sampai hari ke-4 tanggal 18 Januari pukul 13.30 WITA, telah ditemukan 84 korban dengan kondisi meninggal dunia,” ujar Perwakilan Basarnas, Didik Hamzah melalui konferensi pers daring pada Senin (18/1/2021).

Baca Juga :  Pakar: Ekskalasi Konflik Iran-Israel Berpotensi Picu Inflasi

Didik menjelaskan penambahan jumlah korban jiwa itu berasal dari laporan susulan untuk temuan pada 15 Januari. Hanya saja, data tersebut baru dilaporkan Senin ini dan kemudian diakumulasikan.

“Jadi data berjumlah 84 ini data yang sifatnya sementara,” kata Didik. Lebih lanjut, saat ini, pihaknya beserta TNI, Polri, dan relawan masih terus melakukan pencarian.

Baca Juga :  Susul Megawati dan BEM 4 Perguruan Tinggi, Rizieq Shihab dan Din Syamsuddin Cs Ajukan Amicus Curiae ke MK

Gempa dengan magnitudo 6,2 diketahui terjadi di wilayah Sulawesi Barat, pada 15 Januari 2021 dini hari. Gempa tersebut turut mengakibatkan sejumlah bangunan roboh.

Bangunan yang rusak diantaranya Kantor Gubernur Sulbar, Maleo Town Square, toko, swalayan, hingga Rumah Sakit Mitra Manakarra. Atas bencana gempa tersebut, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat telah menetapkan status tanggap darurat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com