JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hati-hati! Ada Situs Palsu Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12, Data Pribadi Bisa Dicuri. Pendaftaran Resmi Hanya di www.prakerja.go.id, Begini Caranya

Tampilan situs palsu pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang 12 yang beredar di masyarakat.

JOGLOSEMARNEWS.COM Sebuah situs palsu yang mencatut nama program Kartu Prakerja beredar di masyarakat dalam sepekan terakhir. Situs palsu tersebut memuat informasi yang mengklaim bahwa pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 telah dibuka.

Disampaikan Head of Communication Manajemen Pelaksana Program (PMO) Karu Prakerja Lousia Tuhatu, situs yang beredar tersebut dipastikan palsu dan informasi yang ada di dalamnya adalah hoaks. Ia pun meminta masyarakat agar lebih waspada dengan informasi tersebut.

“Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi,” ujar Louisa dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (17/1/2021) kemarin.

Dilaporkan situs Kartu Prakerja palsu itu menggunakan alamat http://dashboard.prakerja12.xyz/?gel=12. Di dalamnya tertulis pesan bahwa pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 12 telah dibuka dan terdapat petunjuk untuk pengisian data. Pada bagian bawah juga terdapat angka pendaftar yang terus bertambah.

Louisa menegaskan bahwa hingga saat ini pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang 12 belum dibuka. Pun demikian, ia mengingatkan bahwa pendaftaran resmi hanya melalui laman www.prakerja.go.id.

Ia menyebut pembukaan gelombang 12 nantinya akan diumumkan melalui media dan akun medsos resmi dari Program Kartu Prakerja, yaitu Instagram atau Facebook dengan nama akun prakerja.go.id dan telah terverifikasi.

Baca Juga :  12 Terduga Teroris yang Diringkus di Jawa Timur Berasal dari Jaringan Jamaah Islamiyah

Berikut ini langkah-langkah mendaftar program Kartu Prakerja di situs prakerja.go.id:

1. Buat akun dengan membuka laman prakerja.go.id dan pilih menu [Daftar Sekarang];

2. Tuliskan alamat email aktif dan buat password untuk akun dengan kombinasi huruf dan angka, minimal 6 karakter;

3. Cek email untuk proses verifikasi;

4. Setelah berhasil diverifikasi, akun telah berhasil dibuat. Login kembali ke laman prakerja.go.id untuk tahap selanjutnya;

5. Setelah login dengan email dan password yang telah dibuat, ikuti tahap verifikasi KTP;

6. Masukkan data nomor KTP, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir;

7. Lengkapi data diri berupa nama lengkap, alamat email, tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan terakhir, dan status kebekerjaan;

3. Unggah foto KTP dan swafoto (selfie) dengan KTP. Klik [Berikutnya];

4. Verifikasi nomor handphone. Lalu klik [Kirim];

5. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang Anda daftarkan. Kemudian klik [Verifikasi].

Baca Juga :  Ini Keinginan  Artidjo Alkostar Yang Mustahil Terwujud

6. Isi bagian pernyataan pendaftar. Isi sampai selesai kemudian klik [Oke];

7. Langkah selanjutnya adalah mengikuti tahapan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar;

8. Klik [Mulai Tes Sekarang];

9. Setelah mengisi tes, hasil akan dievaluasi. Tunggu sekitar 5 menit. Jika setelah 5 menit belum ada perubahan, klik tombol [Refresh];

10. Jika sukses, pemberitahuan hasil evaluasi tes akan dikirim melalui email. Setelah menerima email, masuk kembali ke laman untuk bergabung ke gelombang pendaftaran;

11. Tahap selanjutnya adalah seleksi gelombang. Pilih gelombang yang Anda inginkan sesuai dengan domisili;

12. Proses pendaftaran selesai dan Anda akan menerima notifikasi mengenai status kelolosan melalui SMS setelah penutupan pendaftaran gelombang.

13. Jika belum lolos, Anda masih bisa mengikuti gelombang selanjutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard akun Anda.

Pemerintah meminta masyarakat yang menemukan informasi yang mencurigakan dan mengatasnamakan program Kartu Prakerja untuk segera menghubungi nomor bebas pulsa layanan Kartu Prakerja di nomor 0800-150-3001.