JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Lava Pijar Merapi Cenderung Mengarah ke Barat Daya, Tapi Warga Sleman Barat dan Selatan Tetap Diminta Waspada    

Rentetan guguran besar lava pijar Merapi diabadikan dari gardu pandang Kaliurang barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Minggu (10/1/2021) malam / tribunnews
   
Rentetan guguran besar lava pijar Merapi diabadikan dari gardu pandang Kaliurang barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Minggu (10/1/2021) malam / tribunnews

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meski luncuran lava pijar Gunung Merapi mengaah ke barat daya, namun masyarakat yang tinggal di Sleman Selatan dan Barat diminta untuk tetap siaga.

Hal itu ditegaskan oleh  Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana.

Dia  mengatakan, berdasarkan informasi dari BPPTKG, arah luncuran lava pijar Gunung Merapi cenderung ke sisi barat daya.

Menurutnya, arah luncuran lava pijar Gunung Merapi relatif aman karena di sisi barat daya tidak ada hunian masyarakat dalam radius 5 kilometer.

Baca Juga :  Senggol Motor Saat Mendahului, Pelajar SMP di Kulonprogo Ini Jatuh dan Dihantam Pikap Hingga Tewas

“Berdasarkan info dari BPPTKG aktivitas Merapi berupa keluarnya lava pijar dan asap di barat daya Merapi. Radius 5 km di kawasan tersebut tidak ada hunian masyarakat sehingga relatif aman,” katanya, Senin (25/1/2021).

Meski kondisi relatif aman, tetapi wilayah Sleman Barat dan Selatan tetap dalam kondisi siaga. Ada dua desa di Sleman Barat dan dua desa di Sleman Selatan.

Barak-barak pengungsian yang ada dipersiapkan. Saat ini terdapat 12 barak yang telah dipersiapkan dan siap digunakan jika sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat dan warga membutuhkan tempat untuk mengungsi.

Baca Juga :  Diduga Hendak Berbuat Kriminal, Remaja Yogya Ini Panik dan Lari Tinggalkan Motor Begitu Saja

Sementara itu, pengungsi sekitar 150 orang di Barak Glagaharjo, Sleman, DIY, Selasa (26/1/2021) akan diantarkan pulang ke tempat tinggalnya masing-masing di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, DIY.

“Pengungsi sekitar 150-an yg di Barak Glagaharjo besok diantarkan kembali ke tempat tinggal masing di Dusun Kalitengah Lor,” ujarnya.

Pihaknya sendiri berharap kondisi Gunung Merapi dalam keadaan aman dan terkendali.

Probabilitas yang ada saat ini adalah dominan ke arah erupsi efusif yang ditandai keluarnya lava pijar dan asap. 

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com