JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Menengok Kampung Anggur di Desa Wisata Karangmalang Masaran Sragen. Setiap Rumah Budidayakan Anggur Unggulan, Pengunjung Boleh Pilih dan Petik Sendiri!

Kades Karangmalang, Masaran, Sragen, Sarjono saat meninjau tanaman buah anggur di Kampung Wisata Anggur di RT 9 Dukuh Karangmalang, Desa Karangmalang, Masaran, Sragen, Jumat (8/1/2021). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Geliat inovasi desa mulai ditunjukkan di sejumlah desa di Sragen. Setelah Desa Kaliwedi Gondang mencanangkan sebagai Desa Kelengkeng, kali ini Desa Karangmalang Kecamatan Masaran juga membuat inovasi serupa dengan memberdayakan Kampung Anggur.

Warga satu kampung di RT 9 desa tersebut, kini sudah membudidayakan tanaman anggur dan bahkan sebagian sudah berbuah lebat.

Misi besar desa yang dipimpin Kades Sarjono ini dalam waktu dekat akan mengembangkan tanaman anggur di semua rumah warga untuk menuju Desa Wisata Buah Anggur.

Pantauan JOGLOSEMARNEWS.COM Jumat (8/1/2021), hampir semua rumah di Kampung Anggur Karangmalang tampak asri dengan tanaman anggur di depan rumah.

Baca Juga :  Viral Video Oknum Polisi di Cirebon Diduga Perkosa Anak Tirinya Sejak Kelas IV SD. Korban Lebih Dulu Disuruh Nonton Video Asusila

Sebagian ada yang diberi rambatan kayu namun ada yang sudah diberi penopang permanen dari besi. Tampak buah anggur lebat bergelantungan menambah sedap pandangan.

Tanaman anggur di depan rumah salah satu warga yang sudah berbuah lebat. Foto/Wardoyo

Kades Sarjono menuturkan saat ini memang baru ada satu kampung di RT 9, Dukuh Karangmalang yang semua warganya sudah membudidayakan buah anggur.

Budidaya anggur itu bermula dari bantuan 100 bibit dari program SMK Membangun Desa yang digulirkan SMKN 1 Kedawung Sragen beberapa bulan lalu.

“Kebetulan, Desa Karangmalang ditunjuk menjadi desa binaan dan mendapat bantuan 100 bibit buah anggur. Ada MoU juga dan Alhamdulillah beberapa warga ada yang minat dan nanam mandiri sehingga sekarang satu kampung di RT 9 setiap rumah sudah nanam anggur. Anggur yang dibudidayakan juga jenis unggulan yaitu jenis Minel. Ini sebagian besar sudah berbuah lebat karena anggur itu 10 bulan sudah berbuah,” paparnya di sela meninjau Kampung Anggur, Jumat (8/1/2021) bersama beberapa perangkat desa dan tokoh masyarakat.

Baca Juga :  Sambut Pernikahan Kaesang, Iriana Jokowi Diam-Diam Sudah Pesan Batik Khusus untuk Keluarga. Penasaran Harganya?

Sarjono menguraikan setelah berkembang di RT 9, pihak desa menggandeng kalangan milenial yang tergabung dalam Lembaga Persatuan Pemuda (LPP) Karangmalang untuk mengelolanya.

Kades Karangmalang, Sarjono. Foto/Wardoyo
Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com