JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kiprah Sertu Muchammad Mashyudi, Jadi Babinsa Sekaligus Pengasuh Ponpes Putra dan Putri Nurul Jannah An Nahdliyyah Perum Sendang Siwani Desa Singodutan Kecamatan Selogiri Wonogiri

Sertu Muchammad Mashyudi ketika mengajar para santri. Dok. Kodim 0728

IMG 20210107 WA0046
Sertu Muchammad Mashyudi ketika mengajar para santri. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kiprah yang ditunjukkan anggota Kodim 0728/Wonogiri ini layak mendapat acungan jempol. Pasalnya selain menjalankan tugas negara sebagai seorang prajurit TNI AD, dia juga menjadi pengasuh sebuah pondok pesantren (Ponpes).

Prajurit tersebut adapah Sertu Muchammad Mashyudi. Saat ini Sang Bintara ini merupakan pengasuh Pondok Pesantren Putra dan Putri Nurul Jannah An Nahdliyyah. Ponpes bertempat di Perum Sendang Siwani RT 2 RW 8, Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Wonogiri.

Dengan niat yang tulus dan kerja keras pondok pesantren yang resmi berdiri sejak 2017 silam kini telah memiliki santriwan 33 anak dan santriwati 29 anak. Dia juga dibantu oleh Ustadz Sutarto, Ustadz Muhammad Yusril Rahmatillah Amin, Ustadz Zubaidi Muqodas dan Ustadz Nasirudin sebagai tenaga pengajar.

“Sebagai anggota TNI yang sehari-hari bertugas menjadi Babinsa di Koramil 10/Wuryantoro Kodim 0728/Wonogiri, kami merasa terpanggil untuk memberikan sedikit pengetahuan yang kami miliki yakni mengajar mengaji kepada anak-anak di lingkungan tempat tinggal kami. Hal ini agar membantu mereka dapat mengenal dan membaca Alquran,” kata dia, Jumat (8/1/2021).

Baca Juga :  Ada 212 di Rutan Kelas IIB Wonogiri, Ternyata oh Ternyata Ada Kaitannya dengan Remisi Idul Fitri

Sertu Muchammad Mashyudi menuturkan, mengajar anak-anak mengaji merupakan suatu amal ibadah yang baik dan positif. Serta bermanfaat dapat berbagi pengetahuan dengan anak-anak.

“Saya sangat senang bisa berbagi ilmu dengan anak-anak di sini. Semoga ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan mereka, terutama dalam belajar membaca Alquran,” ucap dia.

Materi yang diajarkan kepada para santri antara lain pembacaan ayat suci Alquran seperti Iqra 5. Di masa pandemi saat ini protokol kesehatan tak luput dari perhatian. Di mana anak-anak wajib menggunakan masker dan menjaga jarak selama mengikuti kegiatan belajar mengaji.

Baca Juga :  Berbarengan Dengan Idul Fitri Begini Pelaksanaan Ibadah Kebaktian di GPPS Petra Kecamatan Purwantoro Wonogiri

Sementara, Pelda Suwarno, selaku Batuud Koramil 10/Wuryantoro, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh anggotanya. Menurut dia, kehadiran Babinsa harus dapat membantu meringankan setiap permasalahan sosial di tengah masyarakat dalam hal apa saja. Dengan harapan dapat mengurangi beban yang dihadapi masyarakat salah satunya mengajar pengetahuan tentang agama dalam hal ini mengajarkan membaca Alquran.

“Saya berharap apa yang telah dilakukan oleh Sertu Muchammad Mashyudi untuk menjadi guru ngaji di lingkungan tempat tinggalnya hendaknya dapat menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi seluruh Personel Koramil 10/Wuryantoro terutama Babinsa yang selalu berada di tengah masyarakat, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh warga di wilayah binaannya. Jangan pernah jenuh untuk melakukan hal-hal positif,” tandas Batuud. Aria