JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Artis

Pebulutangkis Indonesia Kevin Sanjaya Positif Covid-19, Batal Ikut Turnamen Internasional di Bangkok. Netizen Singgung Acara Kumpul-kumpul Bareng Artis

Pebulutangkis Indonesia, Kevin Sanjaya. Foto: badmintonindonesia.org

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Atlet pelatnas bulutangkis Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dinyatakan positif Covid-19. Akibatnya, pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon itu harus absen di sejumlah turnamen internasional di Bangkok, Thailand.

Kabar mengenai kondisi kesehatan Kevin Sanjaya itu disampaikan langsung oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) melalui akun media sosial Twitter, pada Senin (4/1/2021).

“Kevin Sanjaya Sukomuljo/Marcus Fernaldi Gideon harus mundur dari tiga turnamen di Thailand. Hal ini dikarenakan hasil tes swab PCR Kevin menunjukkan positif virus Covid-19,” tulis akun Twitter resmi PBSI, @INABadminton.

Dikatakan bahwa Kevin telah merasakan gejala Covid-19 sejak pertengahan Desember 2020. Saat itu, Kevin Sanjaya mengaku sudah mulai tidak bisa mencium bau makanan dan makan terasa hambar. Ia juga mengalami flu.

Kevin pertama kali diketahui positif terinfeksi virus corona melalui hasil tes swab PCR yang dilakukan di RS Mitra Keluarga, Kepala Gading, pada 20 Desember 2020. Selanjutnya, ia menjalani isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga :  Berikut Daftar 83 Warga Sragen yang Positif dan Meninggal Dunia Hari Ini. Sambirejo, Miri, Sragen Kota, Sidoharjo dan Gemolong Masih Meroket!

Menurut dokter Pelatnas PBSI, dr Octaviani, Kevin terakhir kali kembali menjalani tes swab PCR pada 31 Desember 2020 lalu di RS Mitra Keluarga dan hasilnya masih positif Covid-19.

“Berdasarkan tes terakhir yang dijalani Kevin pada 31 Desember 2020, hasil swab test PCR dia positif,” kata dr Octaviani dilansir dari laman resmi PBSI.

Dengan kondisi kesehatan Kevin Sanjaya, maka Kevin/Marcus, yang sejatinya adalah pasangan ganda putra nomor satu dunia dan menjadi andalan Indonesia di turnamen bulutangkis internasional, harus absen di tiga turnamen di Bangkok, Thailand.

Meski tanpa Kevin/Marcus, Indonesia akan tetap mengirimkan tim untuk berlaga di tiga turnamen yang bakal berlangsung secara simultan di Impact Arena, Bangkok, yakni dua turnamen berkategori BWF Super 1000, yaitu Yonex Thailand Open (12-17 Januari 2021) dan Toyota Thailand Open (19-24 Januari 2021), serta Final BWF World Tour 2020 (27-31 Januari 2021).

Sempat Kumpul Bareng Artis

Kabar absennya Kevin/Marcus itu turut menuai kekecewaan netizen dan fans bulutangkis Tanah Air. Mereka pun mendoakan kesembuhan bagi Kevin Sanjaya.

Baca Juga :  Pelaku Pembakar Mobil Via Vallen Dituntut Hukuman 3 Tahun Penjara, Diduga Berawal dari Sakit Hati Usai Gagal Bertemu Sang Idola

Namun ada sebagian netizen yang justru menyoroti acara yang dihadiri Kevin Sanjaya pada pertengahan Desember 2020 lalu.

vidi aldiano
Tangkapan layar unggahan Vidi Aldiano di Instagram. Foto: Instagram/vidialdiano

Dalam foto yang diunggah artis Vidi Aldiano di Instagram, pada 14 Desember 2020, ada sejumlah artis yang berkumpul dan menggelar makan malam serta tukar kado, salah satunya ada Kevin Sanjaya. Netizen pun menduga di acara itulah Kevin Sanjaya terpapar virus corona.

“Sebaiknya Pelatnas melakukan pengawasan yang ketat terhadap pemain.. Boleh bergaul, silakan, tapi ada waktu dan batasannya.. Yang kasihan juga kan partnernya gak bisa ikutan tanding.. Jadi pelajaran saja agar lebih disiplin.. Get well soon..” tulis salah seorang netizen di Twitter.

“Semoga jadi bahan evaluasi buat pelatnas dalam pengawasan selama pandemi ini. Jangan sampai kecolongan lagi. Buat kevin semoga cepat sembuh dan bisa comeback di turnamen selanjutnya,” komentar netizen lainnya.