JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pelabuhan Teluk Bayur Dilanda Kebakaran Hebat. Pemicunya Ternyata Karena Cuaca Panas, Wow!

Foto/Teras.id

PADANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran tumpukan batubara terjadi di
kawasan Pelabuhan Teluk Bayur, Kota Padang, Sumatra Barat, Minggu (24/1/2021) sekitar pukul 15:21 WIB. Kebakaran terjadi akibat cuaca panas yang melanda Kota Padang sejak siang hari.

“Mungkin karena cuaca panas kayak gini, batu bara maupun cangkang itu kan enggak tahan panas. Karena suhu panas, batu bara kan mudah terbakar,” kata Staf Humas PT Pelindo II, Budi Suprianto.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut di Tanjakan Kalijambe, Truk Tronton Terjun dari Jalan Menurun. Gasak Truk dan Evalia, 1 Tewas Terjepit, Puluhan Luka-luka

Ia mengatakan, batubara yang terbakar merupakan bahan bakar untuk pemanasan minyak sawit atau CPO.

“Tidak ada alat yang ikut terbakar. Lokasinya juga jauh dari tangki biasanya itu,” kata Budi.

Saat ini ia belum bisa memastikan total material batubara yang terbakar, begitupun terkait kerugian. Namun ditegaskannya, untuk produksi pabrik sudah kembali normal pasca kebakaran.

Baca Juga :  Evakuasi Warga di Sekitar Tebing Jalan Terbaik Antisipasi Dampak Gempa Susulan di Jatim

“Banyaknya belum pasti, mungkin besok. Jadi ini tidak mempengaruhi produksi. Masih ada kapal yang jalan, saya konfirmasi di bongkar muat masih jalan,” tuturnya.

Diketahui, area tumpukan batubara ini berada di kawasan pabrik Apical Group milik PT PRC Teluk Bayur yang merupakan salah satu eksportir minyak sawit terbesar di Indonesia.

www.teras.id