JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

RS Lapangan Covid-19 Benteng Vastenburg Solo Diresmikan, Semua peralatan Bisa Dipindahkan Alias Portabel

Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Benteng Vastenburg Solo yang didirikan tahun lalu. Foto: Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari berharap Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Benteng Vastenburg Solo membantu penanganan Covid-19.

Hal itu diungkapkan Bakti usai meresmikan Rumkitlap, Rabu (24/2/2021). Menurutnya, rumah sakit tersebut merupakan kontribusi bersama bagi masyarakat Solo Raya dan Jawa Tengah secara umum.

“Kita tahu ini masih dalam masa pandemi. Tapi, Alhamdulillah kasus Covid-19 di Jawa Tengah sudah berangsur-angsur menurun,” kata Bakti.

Pihaknya bersama kepolisian dan pemerintah daerah terus memberikan pelayanan dan melakukan inovasi dalam penanganan Covid-19 kepada masyarakat.

“Selain digunakan untuk merawat pasien Covid-19, rumah sakit ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk kita, terutama tenaga kesehatan,” jelasnya.

Baca Juga :  MK Tolak Permohonan Seluruh Gugatan Pilpres 2024, Gibran Tunggu Arahan Prabowo

Hal itu lantaran peralatan yang ada di rumah sakit ini berbeda dengan rumah sakit pada umumnya. Semua peralatan bisa dipindahkan atau portabel.

“Sehingga lebih efektif digunakan untuk keadaan-keadaan darurat. Kami berharap, masyarakat bisa berkontribusi positif misalnya kalau ada yang bergejala atau perlu penanganan jangan sungkan-sungkan berkoordinasi agar bisa segera tertangani dengan baik,” ungkapnya.

Di sisi lain, dalam peresmian itu juga digelar simulasi penanganan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mulai dari penanganan di IGD, perawatan, hingga proses dekontaminasi pasien yang sudah dinyatakan sembuh.

Rumah sakit yang digagas Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu diresmikan oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Baca Juga :  Kasus Catering di Solo Kena Tipu Hampir 1 Miliar, Ternyata Menantu Tipu Mertua dan Istrinya Sendiri

Hadir dalam peresmian Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Yulianto Prabowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kajati Jateng Priyanto, Danrem 074 Warastratama Kolonel (Inf) Rano Tilaar, dan Plh Wali Kota Solo Ahyani.

Pangdam menegaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan provinsi maupun kota terkait rencana pelaksanaan vaksinasi massal di area Benteng Vastenburg.

“Ke depan akan banyak kita lakukan vaksinasi massal. Sesuai program pemerintah secepatnya masyarakat harus divaksin,” tegas mantan Danrem 074/Warastratama Surakarta itu. Prabowo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com