JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jalur Lingkar Kota Alias JLK Wonogiri Longsor Lagi, Kerahkan 2 Alat Berat DPU Gandeng Satlantas Atur Lalin

Alat berat bantuan anggota DPRD Wonogiri Urin Tri Hartono mengeruk material longsor di JLK. Foto : istimewa

IMG 20210217 WA0136
Alat berat bantuan anggota DPRD Wonogiri Urin Tri Hartono mengeruk material longsor di JLK. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bencana alam terjadi pada Selasa (16/2) sore hingga malam di Wonogiri salah satunya adalah tanah longsor. Lokasinya adalah di tebing bukit pinggir Jalur Lingkar Kota (JLK).

Hingga kini proses evakuasi terhadap material longsor masih dilakukan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan berdasarkan laporan yang diterimanya, peristiwa bencana itu terjadi pada Selasa sore dan malam. Di Dusun Wates Wetan RT 2 RW 6 Desa Bangsri Kecamatan Purwantoro banjir akibat luapan sungai sempat mengakibatkan lima rumah yang ditempati 23 jiwa tergenang air. Ketinggian air bervariasi, mulai dari 20 sentimeter hingga 40 sentimeter. Kini genangan sudah surut.

Selain itu, hujan deras yang mengguyur Wonogiri Kota juga kembali mengakibatkan tebing tanah di JLK tepatnya di Lingkungan Jetis Kelurahan Wuryorejo longsor. Longsoran baru ini tak jauh dari lokasi longsoran besar yang pernah menutup jalan itu pada awal tahun ini.

Baca Juga :  Anggaran THR ASN Wonogiri Hampir Mencapai 47 M, Sementara Gaji Ke-13 Rencananya Diterima Awal Tahun Ajaran Baru

“Kita sudah koordinasikan dengan pihak-pihak terkait juga seperti DPU. Sudah ada penanganan juga,” kata dia.

Bambang memastikan, tidak ada korban jiwa ataupun korban luka akibat bencana alam yang terjadi pada Selasa petang lalu. Disinggung terkait kerugian yang diakibatkan bencana itu, dia menuturkan saat ini taksir kerugian dan pendataan lanjutan masih dalam proses kajian dan perhitungan tim.

“Saat ini juga masih proses evakuasi. Teman-teman relawan dan dari kami sudah bergerak bersama masyarakat setempat,” kata dia.

Baca Juga :  Dari Sidak Prokes di Pasar Sidoharjo Wonogiri, 27 Orang Jalani Rapid Tes Antigen 1 Dinyatakan Reaktif

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri Didik Sudarmaji mengatakan sudah ada penanganan yang dilakukan oleh pihaknya terkait longsor yang terjadi di JLK.

“Penanganan kami perkirakan dua hari. Sudah ada dua alat berat yang digunakan disana. Masih berpotensi terjadi longsor susulan,” kata dia.

Berdasarkan pengamatan pihaknya, longsor yang terjadi itu tak sebesar longsor awal tahun lalu yang sempat menutup akses JLK. Longsoran kali ini masih bisa dilalui kendaraan secara bergantian di sekitar lokasi longsor. Pihaknya berkoordinasi dengan pihak-pihak lain. Termasuk Satlantas Polres Wonogiri untuk membantu pengaturan lalu lintas. Aria