JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Lagi Viral Cara Dapat Duit dari TikTok, Kemenkominfo Malah Blokir Situs Tiktokecash.com. Disebut Ada Transaksi Elekronik Ilegal

Ilustrasi aplikasi TikTok. Foto: pixabay.com

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Beberapa waktu terakhir, para pengguna aplikasi video singkat, TikTok, sedang ramai membahas tentang adanya peluang meraup uang dari aplikasi buatan China tersebut dengan mendaftar ke situs khusus.

Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ternyata telah memblokir situs TikTokcash. Laman situs Tiktokecash.com sudah tidak dapat diakses pada Kamis (11/2/2021) pagi.

“Media sosial Tiktokcash juga sedang dalam proses blokir,” kata juru bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi, seperti dikutip Tempo.co dari Antara, Rabu (10/2/2021).

Kemenkominfo menyebut alasan pemblokiran situs tersebut adalah karena adanya dugaan transaksi elektronik yang melanggar hukum atau ilegal.

Situs Tiktokecash.com sebelumnya diketahui menawarkan sejumlah uang kepada pengguna aplikasinya dengan cara menonton dan memberi ‘like’ pada video singkat di aplikasi TikTok. Situs tersebut mengklaim sebagai platform, “yang menghubungkan pengguna Tiktok dengan ekonomi selebriti internet”.

Baca Juga :  Viral, Gadis Asal Wonogiri Jadi Blantik Sapi dan Kambing Sembari Menjalankan Kuliah Online, Netizen Wanita Idaman

Sebelum mendapatkan uang, pengguna harus mendaftar ke situs tersebut dengan mencantumkan nomor ponsel dan alamat email.

Tiktokcash menawarkan paket keanggotaan mulai dari ‘pekerja sementara’ dengan menyetor terlebih dahulu uang sebesar Rp 89.000 untuk masa keanggotaan yang berlaku delapan hari, hingga ‘general manajer’ seharga Rp499.000 untuk masa berlaku keanggotaan selama 365 hari atau satu tahun.

Saat masih bisa diakses pada Rabu (10/2/2021) siang, pengelola situs dalam notifikasi yang muncul di laman utamanya mengatakan bahwa mereka telah mendapat serangan atau berita palsu setelah mendulang popularitas. Pengumuman tersebut, mengatasnamakan Tiktokcash Asia Pasifik, menyatakan sedang berkoordinasi dengan penegak hukum untuk kasus ini.

Baca Juga :  Viral TikTok, Wanita Ini Ceritakan Saat Sewa Mobil di Bali, Kaget Diminta Uang Lecet Rp 300 Ribu!

Sementara itu, Pimpinan Komunikasi TikTok Indonesia, Catherine Siswoyo, menegaskan bahwa situs Tiktokcash tidak berafiliasi dengan platform TikTok. Karenanya, pengguna aplikasi video pendek populer asal China itu diminta untuk berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi maupun transaksi keuangan yang dilakukan melalui situs tersebut.

“Situs web itu (Tiktokecash.com) sama sekali tidak terafiliasi dengan TikTok. Kami tidak akan dan tidak pernah meminta uang dari Anda,” kata Catherine.

www.tempo.co