JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN Undip Latih Anak-anak Desa Jetak Buat Face Shield Berkarakter

Mahasiswa KKN Undip tengah mengajari anak-anak di Desa Jetak membuat face shield / dok pribadi
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – KKN Mandiri Tim 1 Universitas Diponegoro (Undip) kali ini mengambil tempat di Dusun Kendal, Desa Jetak, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Berbeda dengan beberapa tahun terakhir, penyelenggaraan KKN Undip tahun ini diselenggarakan secara mandiri di daerah masing-masing.

Terkenal dengan sentra sapi perah, Desa Jetak menjelma sebagai desa mandiri dengan berbagai keunggulannya. Misalnya terdapat rumah biogas sebagai energi alternatif warga dan terkenal sampai ke mancanegara. Ada pula kopi tosoro, kopi khas dari Desa Jetak.

Ahmad Lukman Prasetyo, mahasiswa Undip mengungkapkan, salah satu program mahasiswa KKN Undip di desa Jetak adalah pelatihan pembuatan face shield berkarakter untuk anak-anak.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Program itu terinspirasi dari fakta banyaknya anak kecil yang masih belum sadar pentingnya 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Kami berinisiatif mengadakan pelatihan membuat face shield berkarakter untuk anak-anak. Layaknya anak-anak biasanya, imajinasi mereka sangat besar, ada yang bagus dalam membuatnya ada yang sederhana. Kami sangat senang melihat antusias dari anak-anak terlihat jelas dengan dihadiri kurang lebih 15 anak-anak di sekitar dusun Kendal, desa Jetak,” ujar Ahmad seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews, Kamis (11/2/2021).

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Face Shield karakter dipilih karena bentuknya yang menarik anak-anak untuk mengenakan dan sebagai bahan edukasi awal pencegahan covid-19 untuk anak usia dini.

Terbuat dari plastik mika, busa, karet dan kain perca tidak terpakai. Bahan yang ramah lingkungan dan mudah didapatkan menjadi alternatif edukasi covid-19 di kala pandemik sekarang ini.

Untuk seterusnya diharapkan anak-anak bisa memakai face shield tersebut dan menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari. Maulana Danar

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com