JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Pahit Rasanya, 5 Makanan ini Sangat Berguna untuk Kesehatan Tubuh

Pare. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Dalam jagad kuliner, makanan manis dan gurih selalu menjadi idola banyak orang. Tetapi selain manis dan gurih masih banyak rasa lainnya, di antaranya yaitu pahit dan asam.

Untuk makanan berasa pahit ternyata sangat bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan serta melindungi Anda dari beberapa penyakit. Salah satunya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Makanan dengan rasa yang kuat disebut pahit karena meningkatkan air liur dan asam lambung. Memasukkan makanan ini ke dalam makanan dapat membantu menstimulasi sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. Makanan ini juga dapat mencegah usus bocor dan peradangan pada tubuh.

Selain itu, kandungan nutrisi yang tinggi pada makanan dapat meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh. Berikut 5 makanan pahit yang harus Anda masukkan ke dalam menu makanan seperti dilansir dari laman Times of India

Makanan pahit kaya nutrisi
1. Pare

Pare adalah sayuran umum yang selalu menduduki puncak daftar makanan pahit dan paling tidak disukai. Tapi didalamnya terdapat fitokimia sehat seperti triterpenoid, polifenol dan flavonoid yang diketahui dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Ini juga merupakan obat alami untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Baca Juga :  Cara Mudah Atasi Problem Bibir Pecah-Pecah, Jangan Pakai Air Liur

2. Sayuran Cruciferous

Sayuran berdaun silangan hijau juga termasuk dalam kategori makanan pahit. Keluarga silangan seperti brokoli, kubis, lobak, dan bayam. Mereka memiliki rasa yang sangat kuat karena adanya senyawa yang disebut glukosinolat, yang juga bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatannya. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan sayuran silangan kurang rentan terhadap kanker.

3. Kakao

Tidak semua orang menyukai cokelat hitam yang pahit. Tetapi cokelat hitam sangat sehat karena kandungan kakao yang tinggi. Bubuk kakao dibuat dari biji tanaman kakao dan rasanya pahit dalam bentuk mentahnya. Rasa pahit ini disebabkan adanya polifenol dan antioksidan di dalamnya yang dapat memperlebar pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Selain itu juga mengandung mineral seperti seng, tembaga, mangan, magnesium dan besi.

Baca Juga :  Perbedaan Vaksin Nusantara dengan Vaksin Covid-19 Sinovac dan Lainnya

4. Kulit jeruk

Buah jeruk seperti lemon dan jeruk dikemas dengan vitamin C dan sering menemukan tempat dalam makanan Anda karena rasanya yang tajam. Namun, kulit buah jeruk sama-sama menyehatkan dan bergizi. Kulit luarnya terasa pahit karena kandungan flavonoid yang melindungi buah dari hama. Faktanya, kulit jeruk mengandung konsentrasi flavonoid yang lebih tinggi daripada bagian buah lainnya. Anda dapat memarut kulitnya dan menambahkannya ke makanan Anda untuk rasa dan kesehatan yang lebih baik.

5. Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk penurunan berat badan, pencernaan yang lebih baik, kekebalan dan peningkatan kesehatan jantung. Teh hijau termasuk makanan pahit alami karena adanya katekin dan polifenol. Mengganti secangkir teh atau kopi biasa dengan teh hijau dapat membantu Anda dalam berbagai cara. Dua cangkir teh hijau dalam sehari adalah semua yang Anda butuhkan untuk tetap sehat.

www.tempo.co