JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pembebasan Pajak Mobil Baru 0 Persen Segera Diberlakukan. Wah, Avanza, Ertiga, Honda Brio dan Rush Bakal Bebas Pajak, Nih Daftar Mobil Baru yang Masuk Kelas Bebas Pajak!

Toyota Rush. Foto/Tempo.Co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah akhirnya mengabulkan harapan asosiasi mengenai pembebasan pajak mobil (Pajak Penjualan Barang Mewah/PPnBM). Mulai bulan depan atau Maret 2021, relaksasi PPnBM akan dilakukan secara bertahap.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa relaksasi PPnBM diusulkan untuk dilakukan sepanjang tahun 2021, dengan skenario PPnBM 0 persen (Maret-Mei), PPnBM 50 persen (Juni-Agustus), dan 25 persen (September-November).

Baca Juga :  Komentari Peluang Kerja Sama PKS dan Demokrat, PDIP Akan Beri Teguran Tertulis untuk Masinton

Satu alasan pemerintah memberikan relaksasi karena industri otomotif memiliki keterkaitan dengan industri lainnya, di mana industri bahan baku berkontribusi sekitar 59 persen.

“Industri pendukung otomotif sendiri menyumbang lebih dari 1,5 juta orang dan kontribusi PDB sebesar Rp700 triliun,” kata Airlangga dalam keterangan pers, Kamis, 11 Februari 2021.

Namun pemerintah belum memberikan keterangan detail mengenai jenis mobil yang akan mendapatkan relaksasi PPnBm.

Baca Juga :  Tangani PMK, Menko Airlangga: Pemerintah Siapkan 28,7 Juta Dosis Vaksin dengan Dana KPCPEN

Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiharto mengatakan bahwa asosiasi mengusulkan relaksasi PPnBM pada mobil 4×2 dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500cc hingga 2.500cc. Selain itu mobil juga harus berstatus hasil produksi Indonesia.

Jongkie mengatakan bahwa saat ini asosiasi masih menunggu petunjuk teknis dari kebijakan tersebut.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua