JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Pengunggah Video Viral Uang Redenominasi Bergambar Jokowi Bikin Klarifikasi: Hanya Ilustrasi Aja, Intinya Pengen Dapat Viewers

Tangkapan layar video viral yang memperlihatkan uang rupiah redenominasi pecahan Rp100 di TikTok. Bank Indonesia menegaskan gambar uang tersebut hoaks. Foto: TikTok/aku.ijot

JOGLOSEMARNEWS.COM Sebuah video yang memperlihatkan selembar uang yang diklaim sebagai uang redenominasi pecahan Rp100 bergambar wajah Presiden Joko Widodo menjadi viral di media sosial.

Video yang pertama kali diunggah salah satu akun di TikTok, pada Minggu (7/2/2021) itu pun berhasil menarik jutaan penonton dan mendapat ribuan komentar netizen.

Terkait video tersebut, pihak Bank Indonesia telah tegas membantah bahwa lembaran mirip uang yang diklaim sebagai rupiah redenominasi pecahan Rp100 itu adalah hoaks.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, menegaskan uang tersebut bukan dari Bank Indonesia dan hanya hasil keisengan netizen.

“Itu bukan dari Bank Indonesia. Kelihatannya, ini anak-anak iseng di TikTok, terus masuk Instagram dan juga Facebook. Kami sedang investigasi,” ujar Erwin seperti dikutip Liputan6.com, Senin (8/2/2021).

Klarifikasi

Setelah viralnya video tersebut, pemilik akun TikTok, @aku.ijot, yang pertama kali mengunggah video uang tersebut telah memberikan klarifikasinya melalui unggahan lain di akun TikTok miliknya.

Baca Juga :  Tagar #TangkapJozephPaulZhang Trending di Twitter, Bermula dari Video Seorang Pria Mengaku Nabi dan Tantang Warga Laporkan Dirinya atas Penistaan Agama. PBNU Sudah Desak Polri Tangkap Pelaku

Pengunggah mengaku tidak menyangka bahwa video buatannya akan menjadi viral. Khawatir akan menimbulkan kesalahpahaman, pemilik akun akhir membuat klarifikasi, termasuk asal uang dan tujuannya mengunggah video tersebut.

“Oke temen-temen. Gw gak nyangka videonya bakal ramai banget. Dan di sini gw ingin meluruskan, ingin mengklarifikasi tentang duit ini (menunjukkan uang Rp 100 bergambar Jokowi).”

“Dari mana gw dapetin duit ini, dan apa tujuan gw upload video tersebut. Yang pertama, gw dapetin duit ini sekitar 4 tahun lalu, 2017, waktu di Galeri Nasional, di Jakarta.”

“Sebenarnya gw gak ada maksud apa-apa. Gw menggiring opini dan gak ada maksud membanding-bandingkan Bapak Jokowi dengan Pak Soekarno. Ini hanya ilustrasi aja. Jadi intinya, pengen dapetin traffic dan viewers,” ujarnya dalam video klarifikasi yang kini telah di-private oleh pemilik akun.

Baca Juga :  Ramai Tagar #Indonesiasaysorryforthailand di Twitter, Berawal dari Netizen Indonesia Hujat Pasangan Gay yang Menikah di Thailand. WNI Terancam Tak Bisa Berkunjung ke Negeri Gajah Putih

Video Viral

Sebelumnya diberitakan, sebuah video menjadi viral karena menampilkan pecahan uang redenominasi Rp100.

Dalam video yang diunggah pemilik akun @aku.ijot tersebut diperlihatkan detail uang tersebut, mulai dari tulisan Bank Indonesia di bagian atas, angka 100 di dua sudutnya, tulisan ‘Seratus Rupiah’ di dua sudut lainnya, serta gambar di kedua sisinya.

Pada salah satu sisi diperlihatkan gambar wajah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sementara di sisi sebaliknya terdapat gambar Istana Kepresidenan. Detail desain juga dipenuhi dengan motif khas Indonesia, seperti batik.

“Katanya Indonesia mau redenominasi. Jadi mata uangnya mau dikecilin nominalnya. Kayak dollar gitu,” tulis pengunggah video di dalam video buatannya.

“Rp1000 jadi Rp1, Rp50.000 jadi Rp50, Rp100.000 jadi Rp100. Gimana? Pada setuju?” lanjut tulisan dalam video.

@aku.ijot

Redenomisasi

♬ Bahasa Kalbu – T r i k🧕🏼