JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Sejumlah Profesor Peneliti dari UNS, UGM dan Undip Ungkap Ada Potensi Pembangkit Listrik Luar Biasa di Desa Berjo Karanganyar!

Pengunjung menikmati suasana air Terjun Jumog Karanganyar, Jumat (21/8/2020). Foto/Beni

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabar baik menghampiri Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar. Desa di lereng Lawu itu dibidik menjadi lokasi penelitian sumber energi listrik ramah lingkungan dan terbarukan.

Konkritnya, membangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH).
Salah satu anggota tim peneliti sekaligus Dosen Prodi Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Danar Susilo Wijayanto mengatakan Desa Berjo memiliki potensi pengembangan berkelanjutan.

Tak hanya tempat wisata alam yang memiliki panorama lereng Lawu namun menyimpan energi yang belum tersentuh.

Baca Juga :  Akhirnya Bupati Karanganyar  Juliyatmono Resmi Menutup  Kafe Black Arion. Pemilik Diberi Waktu Seminggu untuk Lakukan Pembongkaran

“Ada potensi sampah di tempat wisata. Ada pula air terjun. Bahan-bahan itu yang sedang kami teliti untuk dijadikan energi listrik,” kata Danar, Selasa (23/2/2021).

Ia bersama tim peneliti menyampaikan rencananya ke Bupati Karanganyar Juliyatmono di rumah dinasnya pada Jumat lalu (19/2/2021).

Tim peneliti mengambil tema optimalisasi BUMDes dalam Pengembangan Desa Wisata Berkelanjutan di Desa Berjo Ngargoyoso.

Anggota tim antara lain Prof Dr Rahmawati (UNS), Prof dra Indah Susilowati (Undip), Prof Nurul Indarti (UGM), Prof Soenarto PhD (UNY), Prof Dr Asri Laksmi Riani (UNS), dan lainnya.

Baca Juga :  Spektakuler! Tercepat se-Indonesia, Kantor BPN Karanganyar Terapkan Layanan Roya, Balik Nama dan Peningkatan Status Tanah Hanya 10 Menit Jadi dan Diberi Kopi Gratis 

Mereka berlatar belakang disiplin ilmu berbeda yang memadukannya demi pemberdayaan masyarakat Desa Berjo lebih baik lagi.

“Apapun teknologi yang dipakai, berujung pada pemberdayaan masyarakat. Pengelolaannya mendatang bergantung mereka sendiri,” jelasnya.

Pada penelitian ini dilakukan upaya penerapan skenario untuk meningkatkan produktifitas listrik yang dihasilkan secara teknis dengan menambah komponen.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com