JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Usai Diguyur Hujan Deras, Rumah Warga di Dusun Kitren Desa Purwoharjo Karangtengah Wonogiri Tertimpa Material Longsor Sementara Jalan Kampung Dusun Nglegok Ambles Sepanjang 23 Meter

Kerja bakti membersihkan material longsor di Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Wonogiri. Dok. Kodim 0728

IMG 20210219 WA0048
Kerja bakti membersihkan material longsor di Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Wonogiri. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bencana alam masih enggan beringsut dari Kota Mete Wonogiri. Kali ini bencana berupa tanah longsor yang melanda Kecamatan Karangtengah, Jumat (19/2/2021).

Intensitas hujan di Kabupaten Wonogiri yang terbilang cukup tinggi, mengakibatkan terjadi bencana alam tanah longsor di kecamatan ujung tenggara Wonogiri. Baik tanah longsor yang menimpa rumah warga maupun tanah longsor yang terjadi di tebing dekat jalan.

Babinsa Desa Purwoharjo, Koramil 23/Karangtengah Koptu Suyanto mengatakan, bencana tanah longsor yang terjadi di besa binaannya tersebut terjadi di dua lokasi sekaligus. Yakni di Dusun Kitren RT 2 RW 1, Desa Purwoharjo yang menimpa dinding rumah Sutarjo (45) sehingga menimbulkan kerugian materiil.

Baca Juga :  Waduh, Gegara Terjadi Pencurian di Toko Obat dan Alat Pertanian Kenteng Ngadirojo Kidul Wonogiri Pemilik Harus Merugi Belasan Juta Rupiah, ini Daftar Barang yang Digondol Maling

Lokasi kedua, tanah longsor terjadi di jalan Dusun Nglegok, Desa Purwoharjo. Jalanan ambles dan longsor sepanjang kurang lebih 23 meter. Kondisi ini menyebabkan jalan tersebut hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Warga kemudian memberikan tanda peringatan agar roda empat tidak melewati jalan tersebut. Karena ditakutkan jalan akan semakin ambles.

Mendapat laporan dari warga setempat, Koptu Suyanto langsung mengecek ke lokasi kejadian serta berkordiansi dengan perangkat desa. Akhirnya semua elemen melaksanakan karya bakti membantu korban dengan menyingkirkan material longsor.

Baca Juga :  Waspada Sedulur Wonogiri, Hingga April 2021 Diperkirakan Turun Hujan dengan Curah Sampai di Atas Normal Namun Tidak Merata, ini Sebarannya

Babinsa menghimbau kepada warga setempat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan saat datangnya hujan. Terlebih bagi warga yang rumah tempat tinggalnya dekat dengan tebing.

Sementara, Danramil 23/Karangtengah Lettu Inf Cris Budiriyanto menyebutkan, kondisi cuaca saat sekarang memang kurang bersahabat. Hal ini mengakibatkan adanya bencana alam berupa tanah longsor.

“Untuk itu saya perintahkan kepada Babinsa melaksanakan operasi membantu penanganan akibat tanah longsor,” tegas Danramil. Aria