JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Amien Gulirkan Isu Jokowi Ingin 3 Periode, Megawati: Yang Ngomong Itu yang Ingin

Megawati Soekarnoputri / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Isu bahwa pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) menginginkan amandemen UUD 1945 untuk mengubah jabatan presiden menjadi tiga periode, mendorong Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri angkat bicara.

Megawati menyebut, orang yang menggulirkan isu tersebut lah sebetulnya yang menginginkan bisa berkuasa hingga tiga periode di masa mendatang.

“Hari-hari ini Pak Jokowi dikocok berkeinginan, katanya, untuk tiga periode. Lha orang yang ngomong itu yang kepengin sebetulnya, suatu saat siapa tahu dianya bisa jadi ingin tiga periode,” ujar Megawati dalam acara peluncuran buku ‘Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam’ secara daring, Rabu (24/3/2021).

Baca Juga :  Baru Sehari Putusan MK Diumumkan, Ahmad Ali Datang Malam-malam ke Rumah Prabowo. Ada Apa? Katanya Tak Mewakili Nasdem dan Surya Paloh

Megawati menegaskan, aturan undang-undang sudah jelas bahwa masa jabatan presiden hanya dua periode. “Aturan mainnya sudah ada, memangnya presiden bisa langsung mengubah keputusan secara konstitusi? Kan tidak,” tuturnya.

Sebelumnya, isu tersebut digulirkan Pendiri Partai Ummat Amien Rais. Ia menyebut rezim pemerintahan akan mengambil langkah meminta sidang istimewa Majelis Permusyawaratan Rakyat menyetujui amandemen satu atau dua pasal dalam Undang-undang Dasar 1945. Menurut Amien, perubahan itu akan mencakup perpanjangan masa jabatan presiden dan wakil presiden.

“Kemudian nanti akan ditawarkan pasal baru yang memberikan hak bahwa presiden itu bisa dipilih tiga kali,” ucap mantan Ketua MPR RI ini lewat akun Youtube Amien Rais Official, Sabtu malam, 13 Maret 2021.

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Masih Optimis MK Terima Gugatan Sengketa Pilpres, Ini Alasannya

Seperti dinyatakan Megawati, Presiden Jokowi pernah menegaskan dirinya sama sekali tak memiliki niat untuk menjadi presiden 3 periode. Undang-Undang Dasar 1945, kata dia, telah mengatur masa jabatan presiden selama dua periode yang tentunya harus dipatuhi bersama.

“Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak berminat juga menjadi presiden tiga periode. Konstitusi mengamanatkan dua periode. Itu yang harus kita jaga bersama-sama,” ujar Jokowi dalam pernyataannya di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (15/3/2021).

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com