JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Botok Telur Asin Wonogiri Bikinan Mbak Sum Pak Lewung Porsinya Jumbo Nglawuhi dan Tak Amis, Kuningnya Bulat Utuh dan Bagian Putihnya Menyatu dengan Kelapa Parut

   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Botok telur asin mungkin saat ini kerap ditemukan di sejumlah daerah. Namun botok telur asin yang dibuat Mbak Sum dan Pak Lewung asli Wonogiri ini dijamin bikin nagih dan beda dari lainnya.

Pasalnya, lauk kukus berbahan baku telur asin tersebut di tangan Mbak Suminah dan suaminya Pak Lewung dibikin dalam porsi jumbo. Selain itu rasanya tidak ada amis-amisnya sama sekali meskipun menggunakan telur asin.

Bagian kuning dari telur asin dalam botok itu terlihat bulat utuh di bagian tengah. Sementara putih telurnya menyatu dengan parutan kelapa bercampur daun kemangi.

Soal harga jangan khawatir. Dijamin sama seperti botok telur asin lainnya

Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM yang menemui di warungnya di komplek Kantor Kemenag Wonogiri, Mbak Sum, Senin (15/3/2021), menyebutkan, botok dibuat dari bahan-bahan pilihan. Telur asin, kelapa parut, bumbu, pelengkap, semuanya berkualitas baik. Ini penting untuk menciptakan botok yang bagus dan bikin nagih.

Baca Juga :  Turnamen Bola Voli Putra Manyaran Cup XVI 2024, Diikuti 45 Klub Catat Tanggal Mainnya

Cara membuatnya sama seperti botok mlanding, tahu, atau botok ikan. Semua bahan dicampur kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Yang membedakan, telur asin dipisahkan antara bagian kuning dan putihnya. Bagian putih telur dicampur kelapa parut dan bumbu. Sedangkan kuning telurnya dibiarkan utuh di bagian tengah.

Perlu teknik tersendiri agar kuning telur tidak pecah ketika dibungkus maupun dikukus. Jika sampai pecah akan merusak tampilan nantinya.

Belum lama dia membuat lauk botok telur asin ini. Botok sebagai alternatif agar pembeli punya banyak pilihan saat makan di warung ini.

Warga Lingkungan Salak, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri ini menerangkan, di warungnya tersedia aneka menu. Misalnya sayur ikan mangut, aneka masakan Jawa, soto, nasi goreng, serta beragam minuman.

Baca Juga :  Qadha Puasa Ramadhan Bisa Dimulai dari Tanggal ini, Catat Supaya Tidak Lupa

Kendati termasuk menu baru di warung Mbak Sum, botok telur asin bikinannya sudah banyak diminati pembeli. Mereka mengaku puas dengan rasa tampilan maupun aroma botok telur asin tersebut.

Heri, salah satu pelanggan mengatakan, botok telur asin bikinan Mbak Sum porsinya terbilang jumbo. Ketika ditempatkan di atas piring, hampir memenuhi setengah dari lingkaran dalamnya.

Satu kata yang dia gambarkan untuk botok telur asin Mbak Sum, yakni nglawuhi. Artinya pas dijadikan sebagai lauk, ya rasanya maupun porsi dan tampilannya.

Penasaran? Mampir saja di warung komplek Kantor Kemenag Wonogiri di sebelah timur Alun alun Giri Krida Bakti Wonogiri.

Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com