JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Firli Bahuri: Pegawai KPK Akan Dilantik Jadi ASN 1 Juni 2021

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Foto: Tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –ย  Prosesย  peralihan status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi aparatur sipil negara (ASN)ย  terusย  bergulir.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan proses alih status pegawai KPK menjadiย aparatur sipil negaraย (ASN) tengah berlangsung saat ini. Firli mengatakan,ย  proses alih status ini diperkirakan rampung pada awal Juni mendatang.

Pegawai KPK yang menjadi ASN atau pegawai negeri sipil (PNS), kata Firli, bakal dilantik pada 1 Juni bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila.

“Insya Allah pegawai KPK akan beralih menjadi ASNย dan dilantik pada 1 Juni 2021 dengan semangat hari lahirnya Pancasila,” kata Firli dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga :  Nepotisme Jokowi untuk Pencalonan Gibran sebagai Cawapres Tak Terbukti di Sidang Putusan MK

Firli mengatakan, setidaknya ada 1.362 pegawai yang akan beralih status menjadi ASN, baik
pegawai tetap maupun pegawai tidak tetap diย KPK.

Ia mengatakan hingga pagi tadi BKN telah melaksanakan proses alih status terhadap 1.031 orang. Sedangkan 381 lainnya baru akan melaksanakan ujian berupa assesment kebangsaan pada siang ini.

“Assesment kebangsaan ini dianggap perlu dan dianggap menjadi hal yang penting karena memang assesment kebangsaan adalah syarat mutlak menjadi ASN dan dilaksanakan oleh BKN,” ujar Firli.

Baca Juga :  Usai Gugatannya Ditolak MK, OSO hingga Hary Tanoe Merapat di Kediaman Megawati, Bahas Kemungkinan Jadi Oposisi

Meski begitu, Firli mengatakan pegawai KPK yang belum mengikuti ujian kemarin dan hari ini dapat mengikuti tahapan tersebut pada 16 Maret mendatang.ย Firliย Bahuriย menjelaskan KPK sebelumnya melakukan persiapan alih status pegawai bekerja sama dengan BKN pada Februari 2021.

Pelaksanaan assesment kebangsaan untuk menjadi ASN tersebut kemudian dijadwalkan berlangsung pada Maret hingga April 2021. Lalu persiapan administrasi kepegawaian pada Mei 2021.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com