JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ketikat Sakit Tenggorokan

Ilustrasi gorengan. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Salah satu penyakit yang sering muncul saat perubahan cuaca adalah sakit tenggorokan. Orang yang mengalami sakit tenggorokan biasanya akan mengalami kesulitan menelan dan berbicara.

Penyakit ini pada umumnya ditularkan melalui bakteri yang berlangsung selama 2-3 hari.

Banyak pengobatan rumahan yang membantu mengurangi rasa sakit dan iritasi tenggorokan. Tapi perlu juga diingat untuk menghindari gaya hidup tertentu dan makanan yang berpotensi menyebabkan sakit tenggorokan.

Dilansir dari Times of India, Senin, 2 Maret 2021 berikut makanan dan minuman harus dihindari saat sakit tenggorokan karena bisa memperburuk kondisinya.

1. Keju

Meskipun kaya akan kalsium, vitamin, dan mineral, keju sebaiknya tidak dikonsumsi selama sakit tenggorokan, karena dapat memperburuk lendir dan meningkatkan peradangan di tenggorokan. Anda tentu tak mau mengalaminya.

Baca Juga :  Hati-hati, 5 Sayuran Ini Bisa Timbulkan Efek Samping Jika Dikonsumsi Berlebihan. Salah Satunya Wortel

2. Buah Jeruk

Buah ini kayak vitamin C yang sebenarnya baik untuk mengatasi radang tenggorokan dan memperkuat kekebalan tubuh. Namun, saat menderita sakit tenggorokan, katakan tidak sama sekali pada jeruk, lemon, dan kinnows, karena rasa asam yang tajam pada buah-buahan ini akan semakin mengiritasi tenggorokan. Ini juga dapat menyebabkan alergi dan gatal-gatal.

Baca juga: Cara Sederhana Menangani Sakit Tenggorokan, Awali dengan Minum Air Putih

3. Gorengan

Makanan yang digoreng atau gorengan sulit untuk dicerna, menurunkan kekebalan dan selanjutnya memperlambat kapasitas tubuh untuk melawan virus. Selain itu, minyak yang dimasak dengan titik asap tinggi dapat menyebabkan gatal-gatal dan iritasi tenggorokan.

Baca Juga :  Tips Ramadan: Ibu Menyusui Ingin Berpuasa, Ini Saran Dokter Ahli Gizi agar ASI Tetap Lancar

4. Jus Kemasan

Jus kemasan mengandung banyak pewarna dan gula buatan, yang dapat menyebabkan peradangan dan kandungan desisnya dapat menyebabkan refluks asam di perut.

5. Asam

Asam Jawa, baik mentah atau bubuk, seringkali menyebabkan alergi pada tenggorokan. Oleh karena itu disarankan untuk menghindari mengonsumsinya pada saat sakit tenggorokan karena dapat memperparah rasa nyeri dan iritasi.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan, perbanyak minum air putih minimal dua liter per hari. Sebab ketika sakit, tenggorokan cenderung kering. Air putih akan melembapkan area tenggorokan sehingga meringankan gejalanya.

www.tempo.co