JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Keraton Yogyakarta Berduka, Adik Sri Sultan HB X, KGPH Hadiwinoto Meninggal di Usia 72 Tahun

Keraton Yogyakarta masih menjadi destinasi wisata yang paling diminati wisatawan. Foto: Tempo.co
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Berita duka datang dari Keraton Yogyakarta. Adik Sri Sultan Hamengku Buwono (HB X), Kanjeng Gusti Pangeran Hario (KGPH) Hadiwinoto dikabarkan tutup usia, Rabu (31/3/2021) pukul 08.13 WIB di Yogyakarta.

KGPH Hadiwinoto merupakan pejabat Lurah Pangeran atau pimpinan para pangeran di Keraton Yogyakarta. Beliau meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Sardjito Yogyakarta.

Penyebab meninggalnya almarhum disebut lantaran serangan jantung. Beliau berpulang pada usia 72 tahun.

Baca Juga :  Setelah Dihajar, Laki-laki di Bantul Ini Dipaksa Pegang Celurit dan Mengaku sebagai Klitih, Lalu Direkam Video

“Almarhum meninggal dunia karena serangan jantung pagi ini, saat ini jenazah masih di RSUP dr Sardjito,” ujar juru bicara RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan, seperti dikutip Tempo.co, Rabu (31/3/2021).

KGPH Hadiwinoto selama ini merupakan petinggi Keraton Yogyakarta dan menjabat sebagai Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan Parasraya Budaya Keraton.

Bidang yang ditangani KGPH Hadiwinoto sangat startegis karena menyangkut segala aset Keraton Yogyakarta, yakni mengurusi administrasi dan legalisasi tanah milik Sultan yang tersebar di dalam maupun di luar wilayah DI Yogyakarta.

Baca Juga :  Wisatawan Ini Tiba-tiba Diadang 10 Debt Collector Saat Sedang Asyik Berwisata di Yogya

KGPH Hadiwinoto merupakan saudara kandung atau satu ibu dengan Sultan HB X, yakni dari istri HB IX, Kanjeng Raden Ayu Widyaningrum.

HB IX memiliki empat keturunan dari KRAy Widyaningrum, yakni anak pertama adalah KGPH Mangkubumi (Sultan HB X), lalu GBPH Joyokusumo, KGPH Hadiwinoto, dan GBRAy Riyakusuma.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com