JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kue Leker Keraton, Jajanan Khas Solo yang Lezatnya Bikin Nagih

Ini profil dan kenampakan kue leker khas Solo / Foto: Dinda Widyasworo Kusuma

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sama-sama berasa manis, jajanan ini hampir-hampir mirip dengan serabi, kuliner legendaris khas Solo. Nama jajanan yang satu ini adalah kue leker.

Sebenarnya, kue leker ini juga merupakan kuliner khas Solo yang juga cukup legendaris. Sejak tahun 1970-an kue ini sudah ada di Kota Solo.

Sekalipun waktu terus berputar seiring perkembangan zaman, kue ini masih bertahan. Pun, ketika camilan pesaing sudah cukup beragam, namun pamor kue leker tidak tergeser hingga saat ini. Dan uniknya, penggemar kue leker selalu saja ada.

Baca Juga :  Mengerucut, Kader Akar Rumput PDIP Dukung Gibran atau Risma untuk Pilkada DKI Jakarta 2024

Kue leker dibuat dari adonan tepung beras, telur, santan, gula dan minyak kelapa yang diaduk merata. Lalu, adonan tersebut dituang ke atas wajan panas hingga kering kecokelatan.

Jajanan kue leker ini dapat dijumpai hampir di setiap sudut Kota Solo. Biasanya dijual dengan gerobak surungan yang mangkal di titik-titik tertentu.

Salah satu jajanan kue leker yang cukup dikenal di Kota Solo adalah kue Leker Keraton. Menurut pemiliknya, Ridwan (52), kue leker buatannya sebenarnya tidak punya kaitan historis dengan Keraton Kasunanan Surakarta.

Baca Juga :  Lulusan SMP Muhammadiyah PK Solo Ini Dilirik Banyak SMA Favorit dari Berbagai Daerah. Inilah Sederet Prestasi yang Telah Diraihnya

“Ya karena dari dulu sampai sekarang saya berjualan di depan pelataran Keraton Surakarta ini, lalu saya namakan Leker Keraton,” ujar Ridwan berkisah pada Joglosemarnews.

Jika Anda berkunjung ke kawasan Keraton Surakarta, maka Kue Leker Pak Ridwan ini terletak di samping pintu timur Keraton. Sejak tahun 1979 Ridwan berjualan kue leker di tempat itu.

Kue Leker Keraton memiliki keunikan tersendiri dibanding kue leker pada umumnya. Salah satunya adalah dalam cara pembuatannya yang masih menggunakan arang.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua