JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Lagi, Empat Orang Terpapar Varian Baru Covid-19 B117 Asal Inggris

Ilustrasi pasien Covid-19. Foto: pixabay.com
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM   –  Setelah pertama kali ditemukan dua orang terpapar varian baru Covid-19 B117 Asal Inggris, belakangan ditemukan lagi empat orang yang teridentifikasi terpapar virus mematikan tersebut.   Demikian diungkapkan oleh  Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

“Untuk varian baru dari London, memang di luar dari dua kemarin yang sudah kita identifikasi hasil kerjasama Lab Kemenkes dan BRIN, kami sudah menemukan empat lagi yang terkonfirmasi,” ujar Budi dalam konferensi pers, Senin (8/3/ 2021).

Budi menyebut, satu orang merupakan warga Palembang (teridentifikasi 11 Januari), satu orang warga Kalimantan Selatan (6 Januari), satu orang warga Balikpapan (12 Februari), dan satu orang warga Medan (28 Januari).

“Keempat orang ini sudah dites positif, hasil WGS juga menunjukkan positif strain baru dari UK. Sekarang mereka sudah sembuh,” ujar Budi.

Baca Juga :  Sampai Rabu, MK Telah Menerima 21 Amicus Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Selanjutnya, kata Budi, pemerintah akan melakukan penelusuran terhadap kontak erat dari empat orang ini.

Masuknya varian baru virus Covid-19, B117 asal Inggris pertama kali diumumkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono pada 2 Maret lalu.

Varian B117 ditemukan di Indonesia melalui kegiatan pengurutan genom virus menyeluruh (whole genom sequencing) pada sampel virus corona penyebab Covid-19 yang bertransmisi di Indonesia. Dari 462 WGS yang diperiksa, teridentifikasi dua kasus di antaranya mengandung varian baru asal Inggris itu.

Sampel itu ternyata milik dua warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Keduanya berinisial M, warga Kecamatan Lemahabang, dan A, warga Kecamatan Pedes. Keduanya merupakan perempuan pekerja migran yang baru datang dari Arab Saudi. M tiba di Indonesia pada 28 Januari. Tiga hari berselang, A tiba di Tanah Air.

Baca Juga :  Ingat Bharada Richard Eliezer di Kasus Ferdy Sambo? Kini Resmi Menikah dan Pindah Agama

Dua orang tersebut sempat menjalani karantina di Wisma Pademangan, Jakarta Utara, selama lima hari, saat pertama tiba. Mereka juga menjalani tes polymerase chain reaction (PCR), lalu dinyatakan terjangkit virus corona dengan status orang tanpa gejala.

Karena terjangkit virus, masa karantina mereka diperpanjang hingga dinyatakan negatif corona sesuai dengan hasil tes usap. Kini, hasil tes swab mereka telah dinyatakan negatif dan sudah diizinkan pulang ke Karawang.

Menurut Budi, hasil penelusuran kontak erat terhadap dua orang ini juga sudah dilakukan. “Untuk dua kasus pertama (varian baru Covid-19), semua kontak eratnya sudah dites dan hasilnya negatif,” ujar Menkes Budi Gunadi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com