JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Souvenir

Mengenal Tanaman Hias Sri Rejeki Alias Aglaonema Modestum, Apa Istimewanya?

Ilustrasi tanaman hias. Pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM — Belakangan ini tanaman hias aglaonema tengah banyak dicari orang. Tumbuhan ini merupakan salah satu satu spesies tanaman hias yang mudah hidup di daerah tropis.

Tanaman yang punya sebutan Sri Rejeki atau Chinese Evergreenini menjadi salah satu rekomendasi dari jenis-jenis aglonema yang paling banyak dicari.

Habitat asli tanaman hias ini berasal dari daerah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium (Berkayu) dan bentuk daunnya pun menyirip.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan tinggi hingga 60 cm. Selain itu, memiliki tanaman ini tak perlu repot merawat secara intens aglaonema modestum sebab ia tak membutuhkan banyak asupan udara.

Aglaonema modestum juga pernah dinobatkan sebagai salah satu dari tanaman pembersih udara. Tanaman ini memiliki warna hijau dan corak putih menjulang dari batang berwarna hijau muda. Tanaman ini lebih bisa hidup di tempat yang gelap dan sebisa mungkin menjauhkan aglaonema modestum dari tempat yang terlalu banyak cahaya matahari.

Tidak hanya itu, aglaonema di Indonesia memiliki beberapa jenis yang cukup digemari yaitu, aglaonema emerald memiliki ciri khas warna hijau pekat di hampir seluruh daun dengan sedikit guratan atau garis berona pucat, aglaonema claudia memiliki bentuk daun yang lebar berwarna hijau pucat ke kuning-kuningan, aglaonema adelia memiliki struktur daun yang lebar dengan kombinasi warna merah dan hijau yang intes merata.

Lalu, aglaonema moonlight memiliki karakteristik warna hijau mengkilap dengan warna merah muda bagus tulang daunnya, aglaonema lady valentine warna merah muda yang lebih dominan, sedangkan warna hijau pada daun tersebar dalam pola bintik yang tidak beraturan, aglaonema cinta, dan aglaonema diam aurora.

Selain jenis, aglaonema juga memiliki berbagai media tanam seperti perkembangbiakan aglaonema dengan biji, perkembangbiakan aglaonema dengan stek, perkembangbiakan aglaonema dengan kultur jaringan, dan transplantasi Aglaonem.

Tanaman aglaonema, sebaiknya di jauhkan dari hewan peliharaan seperti anjing dan juga kucing, karena tanaman ini juga cukup beracun untuk hewan. Untuk memaksimalkan pertumbuhannya pastikan aglaonema ditaruh di tempat yang memiliki akses pencahayaan matahari secara langsung dan intens. #tempo