JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Panen Semangka Baby Black Sweet Bupati Joko Sutopo Ajak Petani Budidayakan Hortikultura, Ternyata Begini Latar Belakangnya

Bupati Joko Sutopo menunjukkan semangka baby black sweet usai dipanen. Dok. Pemkab Wonogiri

IMG 20210302 WA0041
Bupati Joko Sutopo menunjukkan semangka baby black sweet usai dipanen. Dok. Pemkab Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengajak petani membudidayakan tanaman hortikultura. Hal itu sebagai salah satu ikhtiar meningkatkan pendapatan di luar tanaman pangan.

Pernyataan Bupati disampaikan di sela melaksanakan panen perdana semangka baby black sweet, Selasa (2/3/2021). Panen digelar di lahan yang bertempat di Dusun Marekan Desa Pule Kecamatan Selogiri, Wonogiri yang dikelola Gapoktan Tani Makmur.

Pada kesempatan tersebut Bupati mengajak petani di wilayah Kecamatan Selogiri dan Wonogiri pada umumnya untuk melaksanakan budidaya tanaman hortikultura. Ini sebagai ikhtiar untuk meningkatkan pendapatan di luar tanaman pangan.

Baca Juga :  Jadi Tujuan Pemudik Wonogiri Dapat Perhatian Khusus Satgas COVID-19 Pusat, Tidak Disangka Ternyata Kondisi Kota Sukses Malah Seperti ini

Nasib petani yang cenderung terpinggirkan, dengan penghasilan yang tidak mencukupi harus diupayakan untuk semakin membaik. Caranya dengan bertani secara cerdas, memanfaatkan teknologi, menggandeng rekanan, serta senantiasa berinovasi membangun kemitraan menuju petani yang mandiri di Wonogiri.

“Petani kita masih terbiasa dengan pola tanam padi-padi-pantun (padi-Jawa). Saya sangat faham karena masa kecil saya bertani, kemudian sebelum menjadi Bupati, saya adalah ketua gapoktan,” ungkap Bupati.

Baca Juga :  Sumur Hidrolik Tenaga Surya Bakal Dibangun di Wonogiri, Ternyata Gagasan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Deddy Suryadi

Mengenai persoalan klasik petani yaitu permodalan yang menjadi kendala dalam budidaya semangka, menurut dia dapat diatasi. Yakni dengan menggandeng unsur perbankan yang menyusun skema kredit untuk petani.

Sementara dengan potensi keuntungan yang menjanjikan, budidaya semangka yang bertekstur renyah, rasa manis, dan ukuran yang tidak terlalu besar untuk pasar premium ini bekerjasama dengan Sweety Farm Jakarta. Unit usaha itu telah menjalankan usaha yang sama di wilayah Jawa Barat. Aria