JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sedulur Pracimantoro dan Tirtomoyo, Ruas Jalan Praci-Sumberagung Bakal Diperlebar Tahun ini dengan Anggaran 11 M Agar Bisa Dilalui Bus, Sementara Ruas Tirtomoyo-Jatiroto Dianggarkan Sebesar 10,2 M

ilustrasi pengerjaan proyek jalan. Foto/Dok JSnews
   
ilustrasi pengerjaan proyek jalan. Foto/Dok JSnews

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kendati semua daerah termasuk Wonogiri melaksanakan refocusing anggaran gegara pandemi COVID-19, bidang-bidang yang vital tetap mendapat porsi. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur.

Hal ini terbukti dengan penganggaran pos pembangunan/perbaikan jalan. Khusus tahun ini sedikitnya ada tiga ruas jalan di Wonogiri akan diperbaiki tahun ini. Meliputi ruas jalan Pracimantoro-Sumberagung, Tirtomoyo-Jatiroto, dan Dlepih-Hargosari. Perbaikan ketiga ruas jalan itu didanai dari DAK dan Bantuan Gubernur Jateng

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri Prihadi Ariyanto melalui Kabid Bina Marga Didik Sudarmaji, menjelaskan untuk ruas jalan Pracimantoro-Sumberagung akan dianggarkan sebesar Rp 11 miliar. Anggaran berasal dari bantuan gubernur (Bangub) Jateng.

Baca Juga :  Overkendel! Lebaran di Penjara Gegara Main Sabu di Wonogiri

“Perbaikan ruas jalan Dlepih-Hargosari anggarannya Rp 8,4 miliar (sumber anggaran) dari DAK. Lalu untuk jalan Tirtomoyo-Jatiroto (anggarannya) Rp 10,2 miliar dari Bangub Jateng,” kata dia, Senin (22/3/2021).

Proyek perbaikan ruas Jalan Dlepih-Hargosari adalah sepanjang 2 kilometer. Untuk ruas jalan Pracimantoro-Sumberagung sepanjang 10,1 kilometer, dan jalan Tirtomoyo-Jatiroto sepanjang 7 kilometer.

Didik mengatakan, proyek perbaikan atau peningkatan jalan Pracimantoro-Sumberagung akan diikuti dengan pelebaran badan jalan. Aspal jalan yang saat ini hanya empat meter akan diperlebar menjadi lima meter. Hal ini dilakukan lantaran berbatasan dengan wilayah Propinsi Jateng dan DIY.

Baca Juga :  Di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri Terungkap Sederet Manfaat Safari Ramadhan

Ruas jalan itu merupakan salah satu akses menuju tempat wisata. Pelebaran jalan juga dilakukan untuk mengimbangi JLS yang sudah lebar.

Pihaknya berharap pelebaran jalan itu bisa mendukung akses pariwisata. Jalannya kelak dapat dijangkau mobil besar, sekelas minibus. Dengan begitu, akan mempermudah persimpangan mobil. Karena selama ini truk yang bersimpangan dengan mobil kecil kesulitan.

Sementara, perbaikan jalan Tirtomoyo-Jatiroto dilakukan dengan mengepras beberapa titik tanjakan agar tidak terlalu curam. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com