JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tuman Maling Gabah di Sragen, Warga Karanganyar Akhirnya Dibekuk Polisi di Plupuh. Nyurinya Bawa Motor Malam-malam, Sekali Gasak Bisa 3 Karung

Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi didampingi Kapolsek Plupuh Iptu Suparno saat menghadirkan tersangka pencuri gabah asal Karanganyar. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Polsek Plupuh berhasil mengungkap kasus pencurian gabah yang meresahkan warga setempat. Pelakunya ternyata diketahui berasal dari Karanganyar.

Tersangka yang ternyata maniak mencuri gabah itu diketahui bernama Sutiyanto alias Yanto (50). Ia diketahui berdomisili di Dukuh Ngentak RT 13/RE 05, Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar.

Pria paruh baya itu diringkus setelah lima kali mencuri gabah di lima lokasi berbeda di wilayah Kecamatan Plupuh, Sragen.

Tersangka dibekuk pada 4 Maret 2021 sekitar pukul 03.30 WIB dinihari. Penangkapan dilakukan oleh Kapolsek Plupuh Iptu Suparno saat melakukan patroli di jalan Raya Sambirejo-Pungsari, Plupuh.

Menariknya, dalam setiap aksinya, tersangka nekat mengendarai sepeda motor Yamaha N Max. Sekali mencuri, ia bisa membawa dua hingga tiga karung gabah.

Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi saat memimpin konferensi pers di Mapolres Rabu (24/3/2021) mengungkapkan tersangka dibekuk karena aksinya sudah sangat meresahkan.

Baca Juga :  Sungai Bengawan Solo Kembali Tercemar Limbah Pabrik Berbahaya? Jutaan Ikan Terpapar dan Mati!

Sebab meski hanya satu dua karung, warga resah karena marak terjadi pencurian gabah di wilayah Plupuh. Dari hasil penyelidikan, akhirnya berujung penangkapan tersangka oleh Kapolsek pada saat patroli malam hari.

“Karena rentang waktunya sangat dekat sehingga sangat meresajkan. Akhirnya Kapolsek Plupuh melakukan patroli malam hari dan tidak sengaja bertemu tersangka yang mengendarai roda dua dan membawa gabah. Dia bawa handuk sebagai alas meletakkan gabah curian di atas jok motor,” paparnya.

Kapolres menguraikan tersangka menyasar penggilingan padi terutama yang menaruh gabahnya di luar atau di teras.

Dari pengakuannya, tersangka sudah lima kali mencuri gabah semuanya di wilayah Plupuh. Di antaranya di penggilingan padi milik Joko Triyanto (29) di Desa Gedongan RT 12, Plupuh.

Kemudian di penggilingan padi Bu Pariyem (60) di Dukuh Pedak RT 2, Karangwaru, Plupuh dan di penggilingan milik Budi Santoso (55) di Dukuh Pojok, Desa Ndari. Serta di dua TKP lainnya juga di wilayah Plupuh.

Baca Juga :  Empat Orang Warga Sukodono Ditangkap Tim Macan Putih Polres Sragen Gara-Gara Asyik Judi Gonggong

Dari setiap aksinya, tersangka memang hanya mencuri satu, dua hingga tiga karung gabah. Namun karena kejadian berulang terus, sehingga warga resah dan melapor ke Polsek.

“Total dia beraksi di 5 TKP dan mendapat 11 karung gabah. Kerugiannya memang hanya Rp 3 juta dan setiap TKP hanya satu dua tiga karung tapi sangat meresahkan. Karena itulah wajib bagi Polri untuk memberikan rasa aman dan dilakukan penegakan hukum,” tandas Kapolres.

Saat ini tersangka sudah diamankan di Mapolres Sragen dengan barang bukti 3 karung gabah sisa curian.

Sepeda motor Yamaha N Max AD 2150 BSE yang digunakan sebagai kendaraan untuk mencuri, handuk sebagai alas dan pelat nomor motor tersebut. Tersangka bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com