JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Virus Corona B117 Sudah Masuk Indonesia, Kemenkes Klaim Tidak Pengaruhi Efektivitas Vaksin Covid-19

Ilustrasi virus corona. Pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengklaim adanya varian baru virus corona B117 tidak akan mempengaruhi efektivitas dari vaksin Covid-19 yang saat ini digunakan pemerintah, yakni vaksin buatan Sinovac China.

“Sampai saat ini mutasi (varian baru virus corona B117) tidak mempengaruhi efektivitas vaksin. Jadi, tidak akan mempengaruhi kekebalan kelompok,” ujarnya seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga :  Pengamat: Keunggulan KIB Tidak Tergantung Figur, Tapi Pada Kerja Lintas Sektor dan Struktur

Nadia mengakui bahwa tingkat penularan varian baru virus corona B117 lebih cepat dibandingkan varian awal. Namun ia juga mengatakan, belum ada bukti yang menyebut virus tersebut membuat gejala Covid-19 yang dialami pasien lebih berat.

Kendati demikian, Nadia memastikan bahwa Kemenkes akan tetap meningkatkan dan memperkuat upaya 3T (testing, tracing, dan treatment) untuk mencegah varian baru virus corona B117 meluas di Indonesia.

Baca Juga :  Ini Skenario yang Telah Disiapkan Menko Airlangga untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Global

Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat dapat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Tetap perkuat prokes dan ini sejalan dengan penguatan 3T testing dengan antigen, perkuat tracing, dan isolasi,” kata Nadia.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua