JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

  Ini Tips Tingkatkan Imunitas di Masa Pandemi Covid-19 Ala Citra Adisti, Pemain Timnas Futsal Putri Indonesia

Citra Adisti / tribunnews

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Tidak ada henti-hentinya masyarakat dihantui pandemi Covid-19 yang sudah setahun melanda Indonesia. Pandemi Covid-19 banyak mengubah pola kehidupan manusia.

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat sendiri agar tidak terjangkit virus tersebut. Salah satunya dalah menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Tidak hanya vaksinasi, meningkatkan imunitas tubuh juga sama pentingnya.

Apa sistem imunitas itu? Sistem imunitas merupakan sistem pertahanan dalam tubuh atau sering disebut dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem imunitas memiliki peran yaitu guna mengenali dan menghancurkan sel abnormal yang merugikan tubuh.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Citra Adisti pemain Timnas Futsal Putri memberikan tips meningkatkan sistem imunitas tubuh di kala pandemi.

Dalam webinar yang diselanggarakan oleh OUR Foperta Unsoed pada Minggu (28/3/2021) lalu, Citra memberikan edukasi kepada masyarakat agar menerapkan gaya hidup sehat sebagai langkah menjaga sekaligus meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Langkah yang pertama adalah menjaga pola makan. Mungkin Anda sudah bosan dengan kalimat tersebut yang sering kali disampaikan oleh sebagian orang. Namun tahukah Anda jika menjaga pola makan itu sangat penting?

Menjaga pola makan akan menguntungkan tubuh sehingga tubuh akan terus mendapat nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Namun bukan sembarang makanan, makanan yang sehat, bergizi, dan higienislah yang harus diperhatikan.

Baca Juga :  Tips Ramadan: Ibu Menyusui Ingin Berpuasa, Ini Saran Dokter Ahli Gizi agar ASI Tetap Lancar

Selain itu, Citra juga mengatakan bahwa sarapan itu sangat penting. Masih banyak dari sebagian orang yang menganggap sarapan bisa dilakukan nanti.

“Sarapan itu pentig banget. Karena dengan sarapan pagi akan menjaga fungsi otak kita. Lalu sarapan yang baik itu sebelum jam sembilan pagi. Jadi jangan ditunda-tunda apalagi dijadiin satu sama makan siang. Itu merupakan pola yang tidak baik,” tambahnya.

Dalam menjaga pola makan, dibarengi juga dengan memperbanyak minum air putih. Citra sangat menekankan manfaat air putih bagi tubuh, salah satunya agar organ tubuh dapat dinetralisir.

Lalu langkah yang kedua adalah menjaga aktivitas fisik. Aktivitas yang dimaksud tidak harus berolahraga. Anda bisa menggantinya dengan kegiatan sehari-hari, seperti bersih-bersih rumah, memasak, membantu pekerjaan rumah, apa saja asalkan itu rutin selama kurang lebih 10-20 menit.

Namun tidak dapat dimungkiri, berolahraga juga sangat penting dalam menjaga imunitas tubuh. Citra menambahkan berolahraga bisa dengan yang ringan saja tidak harus olahraga berat.

“Bisa dengan kita bersepeda, lari, atau sit up, skipping, apa pun. Semua aktivitas baik jika bergerak. Itu semua dapat melatih detak jantung kita,” ujarnya.

Langkah yang ketiga adalah menjaga pola tidur. Jika Anda seorang mahasiswa, tentunya akan sangat akrab dengan begadang. Begadang biasanya dilakukan guna mengerjakakan tugas, penelitian, skripsi, bahkan pekerjaan apa pun yang memakan waktu hingga larut malam.

Baca Juga :  Suka Tidur Setelah Makan Sahur? Hati-hati, Ada Ancaman Penyakit Obesitas Hingga Stroke

Citra dalam presentasinya menegaskan agar menghentikan kebiasaan begadang tersebut. Hal ini disebabkan karena begadang  sangat dapat menurunkan sistem imunitas tubuh.

“Kalau kita begadang, fungsi organ tubuh kita akan bekerja sangat keras. Jika sudah seperti ini akan mudah virus masuk atau pun penyakit lain mulai timbul. Ikuti aturan jam tidur yang baik, kalau dewasa itu sekitar 7 sampai 8 jam, anak-anak biasanya 9 sampai 10 jam,” tambahnya.

Lalu langkah yang keempat adalah menjaga pola pikir. ‘kita adalah apa yang kita pikirkan’ kalimat yang diucapkan Citra. Menjaga pola pikir tentu sangat penting. Berpikir yang positif dan sehat akan pula memengaruhi imunitas tubuh, dan begitu pula sebaliknya. Hindari stres dan menjaga hubungan spiritual yang baik dengan Tuhan.

Langkah kelima atau langkah terakhir dari Citra adalah menjaga kehigeinisan. Semua langkah akan sia-sia jika Anda tidak menjaga kehigienisan, entah itu dari segi makanan, badan, tempat tinggal, lingkungan, dan lain sebagainya.

Kelima langkah meningkatkan sistem imunitas tubuh tersebut tidak hanya dilakukan saat pandemi Covid-19 saja. Citra menekankan, alangkah lebih baik jika diterapkan dan dijadikan sebagai kebiasaan hidup agar terjaga dan terhindar dari berbagai virus maupun penyakit. Rullyani Kuncoro Putri