JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Seru, Pilkades Tlobo, Jatiyoso, Winahyu Unggul Tipis Lima Suara. Jumlah Pemilih Hanya 69 Orang Wakili 3.000 Penduduk

Proses Pemilihan Antar Waktu (PAW) Kepala Desa Tlobo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR , JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemilihan Antar Waktu atau PAW Kepala Desa Tlobo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar, Jateng, Selasa (20/4/2021) berlangsung seru. Pasalnya, selisih angka pemenang hanya terpaut lima angka saja dari tiga calon yang ada.

Sementara, jumlah pemilih atau yang berhak memilih kades disepakati  hanya 69 orang saja mewakili seluruh jumlah penduduk Desa Tlobo yang banyaknya sekitar 3.000 jiwa.

Itupun semula ditawarkan   opsi musyawarah mufakat terlebih dulu, namun peserta menghendaki dilakukan voting.

Camat Jatiyoso, Kusbiyantoro mengatakan, setelah dilakukan pemilihan suara, akhirnya Calon Nomor Urut 3, Winahyu Tri Prasetyo unggul dengan perolehan 36 suara, atau hanya selisih 5 suara dari calon nomor urut 2 Sukarmin yang memperoleh 31 suara. Adapun calon nomor urut 1, Mulyati memperoleh sebanyak 2 suara.

“Dari hasil tersebut calon nomor urut 3 Winahyu Tri Presetyo unggul sebagai kades terpilih,” ujarnya, Selasa (21/4/2021).

Menurut Kusbiyantoro, tahap selanjutnya panitia pemilihan akan menyerahkan Berita Acara Pemilihan kepada BPD, untuk selanjutnya dimintakan SK pelantikan kepada Bupati melalui Camat Jatiyoso.

Tahapan itu, lanjut Kusbiyantoro memerlukan waktu karena kemungkinan jika semua lancar, Bupati akan memberikan 3 SK kepada 3 desa yang dilakukan PAW Kades.

“Jika nanti BAP sudah diserahkan dari BPD kepada Camat, tugas saya meneruskan pada Bupati,” ungkapnya.

Sementara itu Kades terpilih Desa Tlobo, Winahyu Tri Prasetyo mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat.

“Saya akan merangkul semua pihak yang kalah untuk bersama-sama membangun Desa Tlobo,” tandasnya, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (21/4/2021).

Menurut Winahyu, kompetisi adalah hal wajar dalam demokrasi, ada yang kalah ada yang menang, namun kebersamaan harus terus dijaga dibangun demi kemajuan Desa Tlobo.

Diakui semula dirinya tidak berambisi nyalon Kades Tlobo, namun karena dorongan dan dukungan masyarakat, akhirnya dirinya bersedia maju.

“Saya ini terbiasa wiraswasta sehingga semula saya kurang tertarik birokrasi, maka sebenarnya saat itu saya tak tertarik nyalon. Tapi karena diminta warga saya pun akhirnya maju untuk mengemban amanah warga,” tandasnya.

Sebagai informasi, di Kabupaten Karanganyar terdapat tiga desa yang melakukan PAW Kades karena Kades sebelumnya meninggal dunia.

Namun ada pula jabatan Kades yang kosong lantaran sang Kades tersandung masalah hukum. Yakni Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Desa Kebal, Kecamatan Jumantono serta Desa Tlobo, Kecamatan Jatiyoso.

Rata-rata sisa masa jabatan Kades tersebut selama 3,5 tahun, dan  digantikan oleh Kades yang baru terpilih April 2021 ini. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com