JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Bulan Ramadan, Vaksinasi Covid-19 di Solo Lanjut Terus

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melanjutkan program vaksinasi covid-19 pada Bulan Puasa 2021 ini. Hal itu dilakukan berdasarkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 Pada Saat Berpuasa, yaitu vaksin tidak membatalkan puasa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi tetap dilaksanakan di tengah bulan puasa menyusul keluarnya fatwa tidak membatalkan puasa dari MUI. Dalam satu hari, suntikan vaksin diberikan pada 4 ribu hingga 5 ribuan penerima dari kelompok prioritas.

Baca Juga :  Gibran Larang Pemudik Masuk, Tapi Izinkan Warga dari Jakarta dan Manapun Berwisata di Kota Solo

“Puasa kita tetap jalan, per hari empat ribu hingga lima ribu penerima. Sesuai kelompok prioritas, saat ini vaksin untuk lansia. Serta petugas pelayanan publik juga,” paparnya, Rabu (14/4/2021).

Siti menargetkan pelaksanaan vaksinasi tahap II selesai Juli 2021 mendatang. Selain lansia dan petugas pelayanan publik, tokoh agama dan pedagang pasar masuk dalam skala prioritas penerima vaksin.

“Kami menghimbau untuk warga lansia atau keluarga yang ada anggotanya lansia, aktif mendaftar melalui kelurahan setempat dengan membawa surat keterangan asal domisili dan kartu tanda penduduk (KTP),” tukasnya.

Baca Juga :  KA Batara Kresna Serempetan dengan BST di Slamet Riyadi, Gibran: Contraflow Sebelum Saya Menjabat, Akan Dievaluasi

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memaparkan, vaksinasi bagi lansia dikebut saat ini sebagai langkah antisipasi momen mudik lebaran 2021. Namun demikian, dia menegaskan mudkm tidak disarankan bagi masyarakat.

“Ini kita kebut yang lansia (vaksinasi). Antisipasi, siapa tahu ada keluarganya yang mudik, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. Prihatsari