JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Gibran Pastikan Lebaran Tahun ini Jokowi Tak Mudik ke Solo

Presiden Joko Widodo memanjatkan doa di acara pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Sabtu (3/4/2021). Foto: YouTube/Sekretarit Presiden

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Presiden Jokowi dipastikan tidak akan akan mudik ke kampung halamannya Solo pada Lebaran 2021 ini. Kepastian tersebut dilontarkan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka yang juga menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Kendati demikian, Gibran tidak menjelaskan secara rinci alasan ayahnya tersebut tidak akan pulang kampung pada momen lebaran tahun ini. Dia hanya menegaskan jika Presiden Jokowi tidak akan mudik.

“Nggak, nggak mudik (Bapak),” ujarnya singkat ditemui pada Kamis (22/4/2021).

Ketidak pulangan Presiden Jokowi ke Solo pada momen lebaran bukan yang pertama kalinya. Tahun ini merupakan yang kedua kali dimana pandemi covid-19 menjadi penyebabnya.

Baca Juga :  Penuh Kehangatan, Klub Sepakbola PBFC Solo Raya Resmi Launching Kostum Kebanggaan. Bertabur Talenta Muda asal Papua, Siap Ikuti Trofeo di Solo dan Sekitarnya

Di sisi lain, Presiden Jokowi diketahui merupakan sosok yang selalu menyempatkan diri pulang kampung pada momen-momen tertentu. Kepulangannya diantaranya dilakukan pada momen mudik lebaran serta nyadran atau ziarah ke makam orang tuanya.

Sementara itu, kepulangan terakhir Presiden Jokowi ke rumahnya di Solo dilakukannya pada Minggu (14/2/2021) lalu, di sela kunjungan kerja ke Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dia kemudian diketahui ziarah ke makam kedua orang tua di Dukuh Mundu, Desa Selokan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar bersama keluarganya.

Baca Juga :  BST Srempetan dengan KA Bathara Kresna, Anggota DPRD Solo: Evaluasi Contraflow!

Di sisi lain, Gibran saat ini tengah sibuk menyiapkan regulasi menyambut pemudik nekat lebaran tahun ini. Dirinya menegaskan, larangan mudik telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat, maka diriinya berharap warga mematuhinya.

“Saya yakin, masyarakat sudah paham dan mengerti betul kondisi saat ini. Mereka paham untuk tidak mudik terlebih dulu,” tukasnya. Prihatsari