JOGLOSEMARNEWS.COM Sosok

Hari Kartini 2021, Yanti Airlangga: Jadilah Kartini dalam Keluarga

Airlangga Hartanto. Instagram.com/@yanti.airlangga
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Setiap tanggal 21 April bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini sebagai bentuk penghormatan untuk pahlawan emansipasi wanita Raden Ajeng (RA) Kartini atau RA.

Kartini lahir di kabupaten Jepara Jawa Tengah pada 21 April 1879, dan meninggal dunia pada 21 September 1904.

Semasa hidupnya Kartini muda banyak menulis surat kepada sahabat penanya yang berisi tentang berbagai topik. Ia menulis surat berisi seperti tradisi perjodohan, poligami, opium, agama, bahasa Belanda sebagai pembuka pintu pengetahuan, nasib perempuan Jawa yang tertindas, kebijakan politik kolonial yang merugikan pribumi, keinginannya mendirikan sekolah.

Tak heran jika hari ini menjadi momentum banyak wanita untuk mengingatkan kembali nilai perjuangan Kartini. Salah satunya adalah Yanti K. Isfandary atau Yanti Airlangga, istri menteri Bidang Perekonomian Indonesia kabinet Indonesia Maju dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto.

Menurut Yanti Airlangga, setiap wanita bisa meniru sosok Kartini dalam keluarga, menjadi penerang, simbol kekuatan dan mampu melawan duka lara. “Jadilah Kartini di dalam keluargamu sendiri, menjadi penerang, sumber cahaya, simbol kekuatan dalam panas dan dinginnya kehidupan, mampu melawan duka lara dalam setiap kejadian,” ujarnya dalam unggahan Instagram, Rabu 21 April 2021. “Menembus awan kelabu tetap dengan senyuman, kasih sayangnya tidak pernah menyerah, sehingga keluargamu hanya melihat cantiknya rembulan dan sinar matahari, tanpa harus melewati kabut gelap yang kadang menyelimuti.”

Yanti menambahkan sosok Kartini seperti perempuan dan ibu, yang tangguh dalam keseharian dan mampu membawa kebahagiaan orang-orang tercinta. Mampu menyimpan luka dan mengobati dirinya sendiri, tanpa orang melihat setiap tetesan air mata yang jatuh. “Karena di balik kelembutan dan keanggunan, tersimpan sepasang sayap kokoh yang mampu membawa terbang orang-orang tercintanya ke awan kebahagiaan, dalam setiap doa dan perbuatannya,” lanjutnya.

Dalam unggahan itu, Yanti Airlangga terlihat anggun mengenakan kebaya hitam panjang model khas yang digunakan Kartini dan dipadankan dengan kain batik cokelat, bros besar di tengah serta high heels open toe bernuansa keemasan. Rambutnya di sanggul besar khas Jawa, sedangkan makeup-nya nampak flawless. “Selamat Hari Kartini para pejuang cantik Indonesia,” ujarnya di akhir unggahan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com