JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Minuman Pagi Terbaik untuk Pencernaan, Bukan Kopi atau Teh

Ilustrasi Minuman kopi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Memulai hari dengan secangkir teh atau kopi merupakan rutinitas pagi yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Minum teh atau kopi bagi sebagian orang dianggap dapat memulihkan diri dan membuat bersemangat.

Tetapi bagi sebagian orang lainnya minum kopi atau teh dapat membuat pencernaan merasa tidak nyaman. Jika hal itu terjadi maka itu mungkin bukan minuman terbaik di pagi hari.

“Bagi sebagian orang, minum kopi dan teh saat perut kosong dapat menyebabkan mulas, gangguan pencernaan, atau mual karena dapat merangsang produksi asam di perut,” tutut Keri Gans, ahli gizi ahli diet terdaftar, seperti dilansir dari laman Well and Good.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

“Jika mengalami gejala tersebut saat perut kosong, coba lihat apakah ada perbedaan saat makan. Jika gejala berlanjut bahkan dengan makanan, Anda dapat mencoba dan membeli merek kopi atau teh rendah asam atau mungkin mencoba kopi tanpa kafein untuk melihat apakah itu meredakan gejala. ”

Minuman berkafein bukanlah satu-satunya minuman yang dapat menyebabkan usus Anda sedikit tertekan. Anda mungkin menemukan bahwa minuman non-kafein memiliki efek samping yang serupa, tergantung pada tingkat pH-nya.

“Misalnya air lemon, dapat menyebabkan gejala yang sama, tetapi itu sangat tergantung pada seberapa banyak jus yang digunakan,” ujar Gans, karena pH-nya hampir sama dengan asam lambung Anda.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Tetapi, Gans tidak menyarankan Anda untuk berhenti menambahkan jeruk ke air Anda secara bersamaan. “Sedikit irisan atau irisan yang dicampur dengan air panas kemungkinan besar tidak akan menimbulkan efek samping.”

Jadi apa minuman pagi terbaik untuk kesehatan pencernaan? Sebagian besar ahli gizi menyarankan minum air putih biasa untuk rehidrasi dengan benar. Namun pada akhirnya, Anda sendiri yang paling akrab dengan tubuh Anda; mengukur bagaimana reaksinya terhadap minuman dan stimulan yang berbeda akan membantu memastikan bahwa rutinitas pagi Anda menyiapkan Anda untuk sukses.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com